Makassar (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Baznas Sulawesi Selatan (Sulsel) memperkuat komitmen untuk menurunkan angka stunting di provinsi itu.

"Baznas Sulsel menyampaikan keinginannya untuk turut serta dalam upaya penanganan stunting di provinsi ini melalui penggalangan donasi untuk pencegahan stunting," kata Ketua Bidang Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulsel Dr Irfan Sanusi Baco, LC di Makassar, Jumat.

Baca juga: Prevalensi stunting Sulsel mulai menurun, meski masih tinggi

Dia mengatakan pihaknya menginisiasi untuk mendukung penurunan stunting di Sulsel dengan gerakan penggalangan dana cegah stunting. Hal ini akan dikerjasamakan dengan PW Muslimat NU Sulsel yang diharapkan dapat menjadi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) BKKBN.

Lebih lanjut, Irfan mengharapkan petunjuk dari Perwakilan BKKBN Sulsel terkait sinergi program yang akan dilaksanakan, khususnya Program Bapak Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS).

“Target penggalangan dana ini nantinya bukan sebatas di PW Muslimat NU saja, juga dipromosikan ke masyarakat, sehingga peran serta masyarakat dalam penurunan stunting nampak," katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin mengatakan pemutakhiran PK23 baru selesai dilaksanakan, yang di dalamnya terdapat data keluarga yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah intervensi sasaran penerima bantuan oleh Baznas, sehingga tepat sasaran.

Baca juga: BKKBN imbau tingkatkan konsumsi pangan lokal cegah stunting

Baca juga: BKKBN Sulsel perkuat layanan faskes KB kejar target penurunan stunting


"Pemutakhiran PK23 baru selesai dilaksanakan, alhamdulillah capaian Provinsi Sulsel sebesar 102,34 persen atau melebihi target. Dengan adanya data pemutakhiran mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga per RT nantinya kita sampaikan ke Baznas," ujarnya.

Hal tersebut dilakukan agar memudahkan dan tepat sasaran dalam pendistribusian dana Baznas kepada keluarga berisiko stunting di Sulsel.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023