Kami mendukung sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Kota DKI Jakarta Hairul Hidayat  mendukung pengembangan wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Seribu dengan memasukkan Pantai Indah Kapuk ke dalam wilayahnya karena bisa menjadi  solusi meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

"Kami mendukung sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang. Kalaupun bersinggungan dengan undang-undang kita usulkan untuk direvisi,” kata Hairul menanggapi usulan PIK masuk ke wilayah administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu, saat menghadiri Forum Komunikasi Dewan Kota DKI Jakarta di Gedung Mitra Praja, Jakarta Utara, Jumat.

Seperti diketahui, Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu Junaedi telah mengajukan surat usulan penambahan wilayah di Kabupaten Kepulauan Seribu, yaitu empat pulau reklamasi di PIK 1, yakni C, D, G dan N kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Keempat pulau reklamasi tersebut berada di pesisir pantai utara yang digolongkan dalam zona B8 pada Perpres Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Menurut Hairul melalui Forum Komunikasi Dewan Kota DKI Jakarta, pihaknya akan memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemerintah pusat terkait dengan pengembangan dan peningkatan Kepulauan Seribu, agar menjadi kawasan bertaraf internasional.

“Pembahasan penambahan kawasan ini masih dalam komunikasi, meski secara administratif belum masuk, tapi jika dilihat PIK yang lokasinya berada di luar daratan Jakarta bisa masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu,” jelasnya.

Hairul menambahkan dengan masuknya PIK ke wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, maka masyarakat bisa menikmati pendapatan, kesejahteraan dan roda perekonomian bertambah.

“Masyarakat memiliki pekerjaan layak, mengurangi pengangguran, menuntaskan kemiskinan, karena semakin menambah titik ekonomi maka Kepulauan Seribu menjadi kepulauan yang mandiri,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengapresiasi dukungan Dewan Kota DKI Jakarta terhadap pengembangan wilayah di Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Terima kasih dukungan Dewan Kota DKI Jakarta, karena Kepulauan Seribu memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, sehingga setara dengan wilayah Jakarta lainnya dan mensejahterakan masyarakat di Kepulauan Seribu,” tambahnya.
Baca juga: BEM UI dukung gerakan ekonomi sirkular lewat penanganan sampah
Baca juga: Pulau Antuk sering dikira Pulau Hantu menyimpan wisata pantai eksotis
Baca juga: Bupati usul empat Pulau Reklamasi PIK masuk Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023