Wisatawan nusantara sebelum ke Singapura lewat Batam transit.
Batam (ANTARA) - Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pengurus Daerah (BPD) Kepulauan Riau (Kepri) Yeyen Heryawan menyebutkan okupansi kamar hotel di Kota Batam pada Juni 2023 meningkat hingga 80 persen pada momen libur sekolah.

Selain momen liburan sekolah, Yeyen mengatakan menggeliatnya bidang perhotelan didukung juga kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (MICE) yang dilaksanakan di Kota Batam.

"Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kota Batam pada Juni 2023 meningkat, karena momen libur sekolah Singapura, kemudian Malaysia libur sekolah juga, jadi berliburnya ke Batam. Okupansi ini juga didongkrak MICE, setelah Idul Fitri banyak acara MICE di Batam," kata Yeyen di Batam, Jumat.

Menurutnya, Batam juga menjadi kota perantara bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang hendak berwisata ke daerah lain dengan transit di Batam sebelum melanjutkan perjalanan.

"Wisatawan nusantara sebelum ke Singapura lewat Batam transit," ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata menyampaikan Batam yang merupakan Kota MICE, sepanjang Juni 2023 berbagai kegiatan nasional dilaksanakan di Kota Batam, seperti Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) serta Kenduri Seni Melayu (KSM).

Menurut Ardi, kegiatan MICE ini mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, wisman yang berkunjung ke Kota Batam selama bulan Juni 2023 tercatat sebanyak 134.280 kunjungan atau mengalami peningkatan sebesar 73,61 persen dibanding kunjungan wisman selama Mei 2023 yang mencapai sebanyak 77.348 kunjungan.

"Angka kunjungan wisman ini seperti kembali ke kunjungan di tahun 2019 lalu berjumlah hampir 2 juta. Batam penyumbang terbesar di Provinsi Kepri," kata Ardi pula.
Baca juga: Wisata MICE di Batam mulai menggeliat
Baca juga: Pemkot Batam imbau wisatawan pesan hotel jauh hari saat libur panjang


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023