Palembang (ANTARA) - Kontingen Jawa Tengah keluar sebagai juara umum Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2023 dengan raihan 23 medali emas, 12 medali perak, enam perunggu hingga hari terakhir penyelenggaraan pada Jumat.

Kemudian, pada posisi kedua diiringi oleh kontingen Jawa Barat dengan raihan 16 medali emas, delapan medali perak, 12 perunggu, lalu Papua berada posisi ketiga dengan raihan 13 medali emas, 10 medali perak, dan empat medali perunggu.

Sementara itu, kontingen Sumatra Selatan sebagai tuan rumah saat ini berada posisi 19 dengan raihan enam medali perak serta lima medali perunggu.

Ketua Pelaksana Peparpenas X/2023 Rudi Irawan mengatakan pada pelaksanaan Peparpenas 2023 yang berlangsung sejak tanggal 2 hingga 5 Agustus 2023 itu mempertandingkan enam cabang olahraga seperti atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, catur, dan boccia yang diikuti 711 atlet dari 26 provinsi.

"Adapun pemecahan rekor 28 atlet pada cabang olahraga atletik dan renang selama Peparpenas 2023," katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Olahraga Disabilitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Ibnu Hasan mengatakan selama pelaksanaan kegiatan tersebut tidak menemukan kendala yang berarti dan juga meminta para atlet agar terus giat berlatih sehingga dapat menjadi atlet andalan dan kebanggaan Indonesia.

"Semoga anak-anakku menjadi atlet yang berprestasi, tidak hanya sehat dan bugar tetapi kelak menjadi atlet yang dapat mengharumkan bangsa Indonesia di kancah dunia," katanya.

Selain itu, ia berharap pada pelaksanaan Peparnas edisi berikutnya dapat diikuti lebih banyak atlet dari seluruh Provinsi Indonesia.

"Peparpenas 2023 ini hanya diikuti sebanyak 26 provinsi dari seluruh Indonesia, maka dari itu saya berharap pada Peparpenas berikutnya dapat diikuti oleh seluruh Provinsi Indonesia." kata Ibnu.

Baca juga: Jateng panen emas di pararenang Peparpenas X/2023
Baca juga: Jateng pimpin perolehan medali hari kedua Peparpenas X/2023

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023