Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan Jumat (4/8), mulai dari Penyidik Puspom TNI dan KPK menggeledah Kantor Basarnas terkait kasus suap yang melibatkan Kepala Basarnas hingga Densus 88 menggeledah rumah terduga teroris di Kecamatan Banyudono, Jawa Tengah.

Berikut berita bidang hukum kemarin yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Puspom TNI dan KPK geledah Kantor Basarnas usut kasus suap Kabasarnas

Penyidik Puspom TNI dan KPK menggeledah Kantor Basarnas di Jakarta, Jumat, terkait kasus suap yang melibatkan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi (HA), Koorsmin Kabasarnas Letkol Adm. Afri Budi Cahyanto (ABC), dan tiga pemberi suap.

Penggeledahan itu berlangsung pada Jumat pukul 10.00 WIB dan masih berlangsung per pukul 14.45 WIB.

“Benar, Puspom dengan KPK (menggeledah Kantor Basarnas, red.). (Penggeledahan) masih berlangsung mulai jam 10 tadi,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Densus 88 geledah rumah terduga teroris di Banyudono Boyolali

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris berinisial S (40), di RT 3 RW 2 Desa Trayu Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Tim Densus 88 didukung oleh Inafis Polres Boyolali melakukan penggeledahan di rumah S mulai sekitar 09.15 WIB untuk mencari barang bukti terkait tindak pidana terorisme. Sendiri ditangkap oleh Densus 88 dari informasi, di rumahnya, pada Jumat (28/7).

Selengkapnya di sini.

3. 10,32 ton rokok ilegal dimusnahkan di halaman Pendopo Kabupaten Kudus

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membantu membiayai pemusnahan 6,16 juta batang rokok ilegal dengan berat 10,32 ton hasil pengungkapan Bea Cukai Kudus, yang pemusnahannya di halaman Pendopo Kudus sebagai bentuk komitmen pemerintah memberantas rokok ilegal.

"Anggaran pemusnahan rokok ilegal ini berasal dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) Pemkab Kudus," kata Bupati Kudus HM. Hartopo usai pemusnahan rokok ilegal secara simbolis dengan dibakar di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat.

Selengkapnya di sini.

4. Panglima tegaskan tak ada impunitas di TNI termasuk untuk HA dan ABC

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan tidak ada impunitas di lingkungan TNI, termasuk dalam penanganan kasus suap yang melibatkan dua perwira TNI, yaitu Marsekal Madya (Marsdya) TNI Henri Alfiandi (HA) dan Letkol Adm Afri Budi Cahyanto (ABC).

Oleh karena itu, Yudo meminta masyarakat tidak khawatir karena proses hukum terhadap dua perwira itu terus berjalan dan saat ini telah masuk tahap penyidikan.

Selengkapnya di sini.

5. Polisi Banjarmasin Barat tangkap bandar sabu-sabu di "Kampung Narkoba"

Polsek Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menangkap bandar sabu-sabu dan secara bertahap juga menangkap 94 orang yang diduga hendak melakukan transaksi sabu-sabu di "Kampung Narkoba" di Jalan Tanjung Berkat, Kelurahan Teluk Tiram, Kota Banjarmasin.

Personel melaksanakan patroli rutin tengah malam hingga menangkap seorang bandar narkotika bernama Sahneran alias Bongkeng (40) dengan barang bukti sementara berupa sabu-sabu sebanyak 50,5 gram.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023