Guangzhou (ANTARA) - Perusahaan kemudi otonom (swakemudi) Pony.ai berkolaborasi dengan Toyota Motor (China) Investment (TMCI) dan GAC Toyota Motor (GTMC) menggelar upacara penandatanganan perusahaan patungan di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan, pada Jumat (4/8).

Ketiga pihak tersebut mengumumkan pendirian perusahaan patungan yang bertujuan untuk memajukan produksi massal dan penyebaran skala besar untuk robotaxi otonom di masa depan.

Perusahaan baru ini diharapkan dapat didirikan tahun ini, dengan perkiraan investasi lebih dari 1 miliar yuan (1 yuan = Rp2.113) atau sekitar 140 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.198).

Sebagai bagian dari kemitraan ini, GTMC akan memasok Pony.ai dengan kendaraan listrik baterai bermerek Toyota yang dilengkapi dengan sistem redundan kendaraan Toyota, yang secara khusus dirancang untuk pengembangan kemudi otonom L4, demikian disampaikan oleh Pony.ai.

Kendaraan-kendaraan ini akan mengintegrasikan teknologi kemudi otonom Pony.ai dan beroperasi pada platform layanan robotaxi Pony.ai, PonyPilot+. Upaya kolaboratif tersebut akan menghadirkan layanan robotaxi bagi para pengendara.

Menurut Pony.ai, pihaknya mengoperasikan sekitar 200 robotaxi bermerek Toyota dan Lexus di berbagai kota termasuk Guangzhou, Beijing, Shanghai, dan Shenzhen untuk uji coba di jalan raya dan operasi robotaxi yang tersedia untuk publik.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023