Kondisi perekonomian Kalsel pada triwulan I-2023 terus melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 5,12 persen (yoy).
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) Wahyu Utomo mengatakan kondisi perekonomian Kalsel pada triwulan I-2023 terus melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 5,12 persen (yoy).

"Dari sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari lapangan usaha pertambangan dan penggalian, transportasi dan pergudangan serta industri pengolahan," kata Wahyu Pratomo melalui keterangan tertulis, di Banjarmasin, Sabtu.

Dari sisi permintaan, menurut dia, pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari pengeluaran konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto.

Menurut Wahyu Utomo, kebersamaan regulator dengan perbankan merupakan hal yang esensial dalam mendukung pembangunan ekonomi.

“Kondisi ekonomi yang dinamis, disertai berbagai tantangan global yang berat, mengharuskan adanya langkah bersama regulator dan perbankan guna menghadapinya," ujarnya saat membuka kegiatan Bankers Day di Ufik Minisoccer Banjarmasin.

Wujud kekompakan itu, kata dia lagi, dapat berupa penyelenggaraan kegiatan bersama, baik secara formal maupun informal.

"Sebagaimana kegiatan yang kita ikuti pada pagi hari ini,” ujarnya lagi.

Tujuan utama kegiatan Bankers Day, ujar dia, untuk mempererat hubungan dan komunikasi antaranggota Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) beserta karyawan di luar aktivitas kedinasan, sehingga dapat meningkatkan soliditas di antara insan perbankan di Kalsel.

“Kegiatan Bankers Day telah diselenggarakan sejak 2014," katanya pula.

Mengingat antusiasme tinggi dari insan perbankan dalam kegiatan tersebut, ujar dia lagi, maka Bankers Day diselenggarakan setiap tahun dan telah menjadi ikon BMPD Kalsel.

Dia mengemukakan, setelah rehat selama hampir tiga tahun, pada tahun 2023 BMPD Kalsel kembali menyelenggarakan Bankers Day.

Bankers Day Tahun 2023, kata dia lagi, diikuti oleh 41 anggota BMPD Kalsel dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rangkaian kegiatan Bankers Day, ujar dia pula, menjadi ajang penampilan bakat personel perbankan di bidang seni, olahraga, dan bakat-bakat lainnya.

Lebih lanjut, dia mengemukakan pada tahun 2023, kegiatan yang diselenggarakan sangat beragam, berupa mini soccer, tenis meja, badminton, e-Sport FIFA 23, dan mobile legend serta seni gerak dan BMPD Idol.

"Seluruh kegiatan tersebut mengikutsertakan para pimpinan bank dan karyawan," ujarnya lagi.

Kemudian, katanya pula, kegiatan Bankers Day Tahun 2023 sangat istimewa, karena turut mendukung upaya pengembangan budaya lokal melalui perlombaan kesenian Madihin dan wastra lokal melalui fashion show pimpinan dengan menggunakan Kain Sasirangan mengusung tema Office Look.

“Perkenankan kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota BMPD Kalsel atas sinergi positif penyelenggaraan berbagai kegiatan dilaksanakan sepanjang tahun 2023,” katanya pula.
Baca juga: Wapres yakin Kalsel jadi simpul peningkatan ekonomi-keuangan syariah
Baca juga: Menperekraf optimis kain sasirangan mampu bangkitkan ekonomi Kalsel

Pewarta: Gunawan Wibisono/Arianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023