Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia mengadakan acara khusus dari 5 sampai 6 Agustus 2023 di Istana Panda Taman Safari Bogor, Jawa Barat, untuk merayakan ulang tahun ke-13 panda Cai Tao, panda jantan satu-satunya di Indonesia.

Manajer Pemasaran dan Komunikasi Taman Safari Bogor Danang Wibowo dalam keterangan persnya di Bogor, Minggu, menyampaikan bahwa pada hari ulang tahunnya, Cai Tao mendapat hadiah berupa es balok berbentuk serupa kue berwarna oranye dan hijau dengan hiasan wortel.

"Warna pada es balok tersebut terbuat dari jus wortel dan daun bambu, sehingga aman untuk Cai Tao," kata Danang.

Cai Tao merupakan satu dari dua panda yang didatangkan dari Chengdu, Provinsi Sinchuan, China. Panda betina pasangannya bernama Hu Cun.

Setelah tiba di Indonesia pada 28 September 2017, Cai Tao dan Hu Cun langsung dikarantina di Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Bogor.

Pasangan panda tersebut setelah menjalani karantina dapat beradaptasi baik dengan lokasi, iklim, dan cuaca di lingkungan tempat tinggal mereka.

Saat tiba di Indonesia, Cai Tao beratnya 128 kg dan Hu Chun berbobot 113 kg.

Danang menyampaikan bahwa pada acara perayaan ulang tahun Cai Tao, Sabtu (5/8), pengunjung Taman Safari Bogor membeludak sejak pagi. 

"Estimasi belasan ribu pengunjung. Lonjakan pengunjung TSI ini juga didominasi oleh rombongan dari perusahaan. Dari rombongan ini sampai 9.000 orang," katanya.

Ridho, warga yang mengunjungi Taman Safari Bogor pada perayaan ulang tahun ke-13 Cai Tao, berharap panda yang ada di Taman Safari Indonesia panjang umur dan dapat berkembang biak.

Wisatawan asal Lampung yang sudah dua kali mengunjungi Taman Safari itu senang bisa menyaksikan dan mendapat informasi mengenai berbagai macam satwa.

"Seru banget sih, apa lagi tadi juga sudah coba beberapa wahana yang ada di Taman Safari," katanya.

Baca juga:
Panda Cai Tao dan Hu Chun dikarantina di TSI
Panda Sichuan jadi penghuni baru TSI Cisarua

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023