Sebelumnya puluhan pelajar dari SMP Negeri 2 Cianjur, menjalani proses belajar selama dua pekan di negara matahari terbit dan kali ini akan dilakukan sebaliknya
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan Pemerintah  Kota Yachimata, Jepang yang berkunjung ke daerah ini untuk yang kedua kalinya, membahas kerja sama pertukaran pelajar, dan untuk kali ini pelajar Jepang akan belajar di Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Minggu, mengatakan sebelumnya puluhan pelajar dari SMP Negeri 2 Cianjur, menjalani proses belajar selama dua pekan di negara matahari terbit dan kali ini akan dilakukan sebaliknya.

"Kami sudah menerima kedatangan Ketua Yachimata Internasional Frienship Associatoin Mr Yosida dan Ketua Assosiasi Kolaborasi Internasional Jepang Mr Yagi serta Kepala  SMP Yachimata Mr Suzuki dan perwakilan pemerintah Yachimata Mrs Tsukiasi," katanya.

Baca juga: 288 mahasiswa USK ikut pertukaran mahasiswa di 61 kampus Indonesia

Kedatangan mereka, ungkap Bupati Cianjur, untuk membahas sejumlah program kerja sama termasuk pergantian pelajar dari Yachimata yang akan belajar selama dua pekan di SMP Negeri 2 Cianjur dan mereka akan tinggal di rumah orang tua asuh di Cianjur.

"Kami membahas kerja sama pendidikan, teknologi dan kebudayaan, termasuk kedatangan puluhan pelajar asal Jepang ke Cianjur pada bulan Oktober akan bersekolah selama dua pekan dan tinggal di rumah orang tua asuh seperti pelajar Cianjur saat ke Jepang," katanya.

Baca juga: Jambi kirim dua mahasiswa ikut Pertukaran Pemuda Antar-Negara 2023

Ketua Yachimata Internasional Friendship Association Mr Yoshida lewat penerjemahnya mengatakan kedatangan mereka untuk kedua kalinya ke Cianjur guna menindaklanjuti program pertukaran pelajar SMP Yachimata ke Cianjur.

Nantinya, ungkap dia, pelajar dari Kota Yachimata akan memperkenalkan budaya Jepang pada pelajar di Cianjur dan belajar tentang dunia pendidikan dan kehidupan di negara Indonesia. khususnya di Cianjur.

"Harapan kami anak-anak Yachimata dapat beradaptasi dengan dunia internasional sehingga mereka memiliki pengalaman tentang kehidupan di luar negaranya sendiri. Mereka akan berbagi pengalaman dengan pelajar di Cianjur dan teman mereka ketika pulang ke Jepang," katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Pertemuan AIMS perluas konektivitas mahasiswa RI

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023