Diharapkan Taman Mini Indonesia ini dapat meningkatkan hubungan budaya antara Polandia dan Indonesia khususnya dengan Provinsi Bali
Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati mengikuti prosesi peletakan batu pertama atau dimulainya pembangunan Candi Bentar di kawasan Taman Mini Indonesia di Kota Gdansk, Polandia.

Dalam kegiatan tersebut, Cok Ace, sapaannya, menyampaikan apresiasi atas dibangunnya  Candi Bentar atau pintu masuk utama khas Bali yang akan menghubungkan halaman anjungan pura dan anjungan rumah tinggal di objek tersebut.

“Diharapkan Taman Mini Indonesia ini dapat meningkatkan hubungan budaya antara Polandia dan Indonesia khususnya dengan Provinsi Bali,” kata Cok Ace dalam keterangan Humas Pemprov Bali di Denpasar, Senin.

Dalam prosesi tersebut, Cok Ace menanam batu yang dibungkus kain putih berisi gambar "benawang nala" (penyu raksasa) yang merupakan simbol dari inti bumi.

Batu bata yang dibungkus tersebut berisi gambar Padma Bhuana yang merupakan simbol dari delapan penjuru arah mata angin dan satu di tengah-tengah sebagai pusatnya.

“Demikian juga ornamen-ornamen yang dipasang dari dasar sampai ke puncak Candi Bentar menunjukkan hirarki kehidupan, dari lapisan bumi yang disimbolkan dengan wujud gajah dan alam atas yang diwujudkan dengan ornamen burung,” ujar Cok Ace menjelaskan.

Baca juga: Wagub Bali sebut Polandia termasuk pasar potensial untuk pariwisata

Baca juga: Wali Kota Denpasar: Bazar Merah Putih bantu bahan pokok masyarakat


Dengan adanya upacara dan ornamen dalam Candi Bentar maka menurutnya bangunan ini bukan sekadar pintu keluar masuk yang bersifat estetis tapi juga filosofis.

Atas pembangunan Taman Mini Indonesia dengan Candi Bentar Bali sebagai garapan utamanya, Wagub Bali menyampaikan apresiasi kepada Konsul Kehormatan dan Duta Besar Polandia atas inisiatif itu.

“Juga kepada arsitek Bali, kontraktor, serta semua pihak yang telah ikut berperan mewujudkan proyek yang besar ini, saya mengucapkan terima kasih. Semoga karya monumental ini akan menjadi jembatan budaya yang menghubungkan Bali dengan Polandia khususnya dengan masyarakat Gdansk,” tuturnya.

Deputi Marshal atau Wakil Gubernur Provinsi Pomeranian Wiesław Byczkowski menyampaikan bahwa pembangunan Taman Mini Indonesia di Polandia menunjukkan hubungan kerja sama yang semakin erat antara kedua belah pihak.

Candi Bentar itu sendiri merupakan bangunan pertama dari komplek.pembangunan Indonesia Mini yang secara bertahap akan dibangun, di mana saat ini telah dibangun anjungan pura dan anjungan rumah tinggal.

Dengan mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan tradisi maka diharapkan pembangunan dan investasi yang dilakukan akan semakin meningkatkan kerja sama antara Polandia dan Indonesia.

Baca juga: BPS Bali: Peningkatan wisman tertinggi Juni dipimpin Singapura

Baca juga: Pendidikan menyumbang inflasi gabungan terbesar di Bali Juli 2023

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023