Tugas kita untuk menggunakan 'trust' (kepercayaan global terhadap ASEAN) untuk membangun Asia Tenggara yang sejahtera. Itu semua membutuhkan dukungan parlemen ASEAN,
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan dukungan parlemen ASEAN diperlukan dalam upaya-upaya membangun kawasan Asia Tenggara yang sejahtera.

Demikian disampaikan Jokowi saat menghadiri Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44 di Jakarta, Senin.

"Tugas kita untuk menggunakan trust (kepercayaan global terhadap ASEAN) untuk membangun Asia Tenggara yang sejahtera. Itu semua membutuhkan dukungan parlemen ASEAN," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan berdasarkan survei EU-ASEAN Business Sentiment yang melibatkan 600 sektor swasta di Uni Eropa yang baru saja berdiri 1 Agustus lalu, ASEAN saat ini dinilai sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik yaitu 63 persen, diikuti RRT 12 persen, India 8 persen, dan 80 persen melihat ASEAN sebagai kawasan penting.

Baca juga: Presiden: ASEAN harus jadi jangkar perdamaian dunia

Baca juga: Jokowi: Soliditas ASEAN penting agar bisa berperan sentral dan relevan


"84 persen ingin meningkatkan angka perdagangan dengan ASEAN. Survei tersebut menunjukkan bahwa trust, kepercayaan terhadap ASEAN sangat tinggi dan tugas kita semua untuk menggunakan trust tersebut," ujar Jokowi.

Presiden mengatakan semua pihak perlu bekerja keras agar harapan atas kesejahteraan Asia Tenggara dapat terwujud.

"Sekali lagi Piagam ASEAN dibuka dengan We The Peoples, artinya kepentingan rakyat ASEAN di atas segala-galanya," tutur Jokowi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga/Indra Arief Pribadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023