Banyak faktor yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, salah satunya terkait kesejahteraan tenaga pendidik atau para guru
Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah memberikan perhatian khusus terhadap guru yang mengabdikan diri di wilayah pedalaman pada daerah tersebut.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Petrus Yumte di Timika, Senin, mengatakan bahwa kesejahteraan guru pedalaman harus diperhatikan dengan baik.

"Tidak semua orang bisa menjadi guru dan tidak semua guru dapat bertahan untuk mengabdi di wilayah terisolasi dengan segala keterbatasan yang ada," katanya.

Baca juga: FSGI dorong proses hukum orang tua siswa ketapel guru terus dikawal

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah merasa penting untuk memperhatikan tingkat kesejahteraan guru karena jika nasib guru terjamin maka akan berdampak pada mutu pendidikan.

"Banyak faktor yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, salah satunya terkait kesejahteraan tenaga pendidik atau para guru," ujarnya.

Dia menjelaskan, guru di pedalaman memiliki tantangan tersendiri yang lumayan berat, jika tidak berada ditempat makan siswa akan terlantar.

Baca juga: DPRD Bengkulu minta pelaku ketapel guru dihukum untuk efek jera

"Kami memberikan apresiasi bagi guru-guru kita yang bertugas di pedalaman karena rela mendedikasikan diri untuk masa depan anak bangsa," katanya lagi.

Dia menambahkan, pemerintah saat ini tidak tinggal diam, tetapi sedang bergerak dalam mengupayakan kesejahteraan bagi guru pedalaman Mimika.

"Kami berharap peran guru sebagai pendidik di wilayah pedalaman menjadi pelita dalam kegelapan bagi generasi bangsa yang berada di wilayah terisolasi," ujarnya.

Baca juga: Kemenag lakukan asesmen dan pembinaan guru-santri di Al Zaytun
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023