Makassar (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menjalin koordinasi bersama Basarnas Makassar untuk membantu dalam hal penanganan operasi Search and Rescue (SAR) apabila terjadi musibah dan bencana di wilayah perairan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan pembangunan gedung Bakamla di wilayah Sulawesi Selatan dan siap membantu saat pelaksanaan operasi SAR yang terjadi di wilayah ini," ujar Kepala Subdit Data Kolonel Bakamla Tri Haryo saat kunjungan kerja di Kantor Basarnas Makassar, Senin.

Selain membantu operasi SAR, kata Tri, pihaknya juga akan memetakan sejumlah daerah jalur perlintasan perahu di laut yang rawan terjadinya kecelakaan. Ini dilakukan guna memudahkan penanganan ketika terjadi musibah.

"Kami juga akan membantu membuatkan peta koordinat untuk wilayah rawan kecelakaan dan pastinya di koordinasikan dengan stakeholder yang terkait," turut Tri Haryo menambahkan.

Baca juga: Bakamla sepakati pengamanan laut perbatasan dengan Singapura

Baca juga: Bakamla tambah kapal patroli perkuat keamanan di zona timur


Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel pada kesempatan itu mengatakan, kedatangan perwira Bakamla RI tersebut selain berkoordinasi dalam membantu penanganan operasi SAR, juga menjalin sinergi antarlembaga dan instansi.

"Sesuai jadwal, kami menerima kunjungan dari Bakamla RI di Kantor Basarnas Makassar," kata Mexianus menambahkan.

Dalam pertemuan tersebut Bakamla dan Basarnas sepakat untuk terus saling berkoordinasi terutama terkait dengan percepatan pelaksanaan operasi SAR yang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan.

Hadir pula mendampingi Kolonel Bakamla Tri Haryo, Mayor Bakamla Ibnu Mufid menjabat Kasie Pertukaran Informasi, Kapten Bakamla Ryan dan Letda Bakamla, Wiwid Sutrisno menjabat Pengolah Data.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel saat menerima kunjungan didampingi Kepala Seksi Operasi Andi Sultan, Kepala Sumber Daya Kaharuddin, dan Kepala Sub Bagian Umum Bustanil di ruang kerjanya.

Baca juga: Basarnas Sulsel tanam 501 bibit pohon mangrove cegah abrasi

Baca juga: Bakamla Zona Timur bina relawan penjaga wujudkan keamanan laut

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023