Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Pengunjung Franchising & Licensing Asia (FLAsia) pada Agustus ini dapat mengeksplorasi peluang bisnis waralaba (franchising) dengan berbagai merek F&B yang meningkatkan efisiensi operasional lewat kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi; sejumlah merek asal Taiwan yang diseleksi khusus; serta, untuk pertama kalinya, peluang bisnis dari lisensi karakter dan merchandising.

Kembali digelar pada 17-19 Agustus di Sands Expo and Convention Centre Level 1, Hall C, FLAsia adalah sarana bisnis yang paling terkemuka di Asia dalam sektor lisensi. Ajang ini diadakan setiap tahun oleh Franchising and Licensing Association (Singapore), serta dilaksanakan oleh Constellar. FLAsia tahun ini menghadirkan lebih dari 100 merek waralaba lokal dan internasional yang berasal dari Australia, Hong Kong (Tiongkok), Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan (Tiongkok), Amerika Serikat, dan Vietnam. Maka, FLAsia menghubungkan berbagai individu dan pebisnis dengan merek-merek global yang ingin berekspansi di Asia dan dunia, serta menghadirkan Singapura sebagai batu loncatan.

FLAsia 2023 mengangkat tema "Breaking Barriers with Franchising: Paving the Way for Aspiring Entrepreneurs & Global-Ready Brands", Low Yen Ling, Menteri Negara, Menteri Kebudayaan, Kemasyarakatan, dan Kepemudaan Singapura, serta Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, akan memberikan kata sambutan di ajang tersebut. Kata sambutan ini akan diikuti konferensi selama dua hari dan lokakarya pada hari terakhir yang mengulas topik tentang cara mengatasi hambatan dalam bisnis waralaba.

Menampilkan lebih dari 40 pemimpin industri dan pakar yang menguasai pengalaman lintas-sektor, FLAsia 2023 akan membahas sejumlah topik, mulai dari perubahan selera konsumen, legalitas bisnis waralaba merek, mengelola hubungan pemegang hak waralaba-pemilik waralaba, serta opsi pembiayaan dan pendanaan. Lokakarya pada hari ketiga turut mengulas pendekatan praktis agar peserta dapat melakukan riset lengkap untuk mengevaluasi dan mempelajari unsur-unsur dari sebuah waralaba.

Mengeksplorasi waralaba F&B, serta cara AI dan otomatisasi mengoptimalkan efisiensi

Di area pameran, FLAsia 2023 terus meraih dukungan dan partisipasi dari berbagai merek dan restoran F&B, seperti Brotzeit® German Restaurant and Beer Bar, Canadian 2 for 1 Pizza, Chewy Junior, Crystal Jade, Gloria Jean's Coffees, Gopizza, Home Fiesta by Tung Lok, serta Russo's New York Pizzeria.

Ekshibitor yang baru pertama kali berpartisipasi Arteastiq akan melansir "AI Tomato", merek pasta andalannya dari Singapura yang menerapkan kemajuan teknologi untuk menghasilkan masakan pasta yang lezat dan bermutu tinggi dengan bahan-bahan segar. Dapur berteknologi canggih ini menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi otomatisasi mutakhir guna menggantikan proses persiapan dan memasak makanan yang konvensional.

Menikmati kuliner dan gaya hidup Taiwan

Paviliun Pameran Merek Waralaba Taiwan akan menampilkan jajaran merek minuman, kuliner, dan gaya hidup terkemuka asal Taiwan yang ingin memperluas jangkauannya di seluruh dunia. Merek-merek ini mencakup pemain top di segmen produk minuman Taiwan yang selalu berkembang, seperti COCO fresh tea & Juice; Chinyo Tea, dan Cozy Tea Loft. Sejumlah merek kuliner Taiwan yang turut tampil juga meliputi Hu Xu Zhang (Formosa Chang); Fuhuigen; Kazama Catering, Meet Fresh, dan Moon Met Mountain Shawarma. Pengunjung pameran pun dapat menemukan merek-merek gaya hidup seperti AQUA dan LUVAII by Peisheng Beauty Group.

Mempelajari potensi bisnis lisensi karakter dan merchandising yang menarik

Untuk pertama kalinya, FLAsia2023 akan menghadirkan dua perusahaan ternama di segmen bisnis lisensi—Bandai Namco Entertainment dan Forward Creation. Kedua perusahaan ini menawarkan peluang bagi perusahaan yang berminat untuk menciptakan produk berlisensi dengan memakai karakter ikonis. Bandai Namco Entertainment memiliki merek gaming legendaris dan populer seperti PAC-MAN, Elden Ring, Tekken, Taiko no tatsujin, dan lain-lain. Sementara, Forward Creations menghubungkan merek-merek konseptual dengan penggemar budaya Korea di pasar lokal. Di FLAsia2023, Forward Creations akan menampilkan karakter dengan hak kekayaan intelektual (HKI) seperti GOODYVERSE, Dr.B-PANG, dan SMELLY, sekaligus menjajaki peluang bisnis lisensi serta merchandising.

"Kami sangat gembira menyambut FLAsia tahun ini dengan kehadiran berbagai jenis merek yang menawarkan peluang bisnis waralaba dan lisensi bagi pengunjung lokal dan regional. Ajang ini kembali membuktikan potensi menarik dari pasar konsumsi di Asia, dan Singapura menjadi batu loncatan bagi merek-merek yang ingin berekspansi di wilayah tersebut. Konten pameran tahun ini yang beraneka ragam dan lengkap juga mendukung merek waralaba potensial dan mitra investasi yang berminat. Lebih lagi, konten ini sangat memperkuat status FLAsia sebagai sarana penting untuk berbagi pengetahuan dan memperluas jejaring bisnis," ujar Dickson Low, President, Franchising and Licensing Association (Singapore).

Beberapa merek lain yang dapat ditemukan di FLAsia termasuk Nullspace Robotics and Speech Academy yang bergerak di sektor pendidikan; merek kesehatan & wellness Anytime Fitness dan Mscents; merek convenience store 7-Eleven; merek vending machine yang menjual produk bersertifikasi Halal dan produk Islami lainnya—CLEAN by One Halal Nation; dan masih banyak lagi.

Tiket masuk FLAsia 2023 bersifat gratis. Ajang ini terbuka bagi pengunjung berlatar belakang bisnis/perdagangan, serta pihak lain yang ingin mencari peluang bisnis dan investasi. Anda dapat melakukan registrasi di tautan ini.

Rincian kegiatan

Franchising & Licensing Asia (FLAsia) 2023

17 – 19 Agustus 2023 (Kamis – Sabtu), 10 pagi – 6 sore, setiap hari




Tagar Resmi: #FLAsia2023 #FLAsia


Tentang Franchising and Licensing Association (Singapore)

FLA (Singapore), salah satu anggota pendiri World Franchise Council, berdiri pada 1993. FLA (Singapore) bermisi untuk membina dan mengembangkan industri waralaba Singapura. Sebagai unsur penting dalam ekonomi Singapura yang berbasiskan pengetahuan, FLA (Singapore) mempromosikan dan memfasilitasi penggunaan waralaba, lisensi, dan merek (branding) sebagai salah satu strategi pertumbuhan bagi perusahaan Singapura. Maka, FLA (Singapore) berkontribusi mengubah Singapura menjadi pusat industri waralaba dan lisensi regional. Lewat kerja sama yang terjalin dengan instansi pemerintah Singapura, serta lembaga waralaba dan lisensi internasional, FLA (Singapore) turut membantu anggotanya dalam program pengembangan internasional. Dengan jumlah anggota yang terus bertambah dan hingga kini hampir mencakup 140 perusahaan, mewakili lebih dari 250 merek terkemuka, FLA (Singapore) dipimpin dan dikelola oleh tim penasihat, anggota komite, dan sekretariat yang berdedikasi untuk membantu perusahaan Singapura berekspansi secara global. https://www.flasingapore.org/

Tentang Constellar

Constellar menghubungkan ekosistem global yang mencakup mitra pameran dan konsumen lewat industri Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) yang didukung hak kekayaan intelektual. Sebagai mitra pilihan di Asia yang menggelar ajang dan pameran inovatif, Constellar menghadirkan jaringan luas yang mempertemukan pasar global, perusahaan, dan konsumen guna mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan. Lewat keahlian dan dedikasinya, Constellar membantu Anda membina hubungan tepercaya dengan pemangku kepentingan dalam jangka panjang, serta menjalin kolaborasi lintasindustri melalui solusi interaksi audiens kelas dunia. Informasi lebih lanjut tersedia di constellar.co.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023