Koperasi sejak dahulu merupakan tonggak perekonomian bangsa......
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajak semua pihak meningkatkan literasi perkoperasian bagi generasi muda guna memajukan koperasi yang ada di daerahnya.

"Koperasi sejak dahulu merupakan tonggak perekonomian bangsa yang melandaskan kegiatannya berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong. Namun saat ini kehadiran koperasi dianggap kalah modern dibandingkan dengan badan usaha yang lain, seperti minimarket dan bisnis startup yang dirasa lebih memiliki prospek lebih baik," ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Zainal Abidin, berdasarkan keterangan yang diterima di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan di tengah perkembangan zaman yang semakin modern, koperasi harus mulai berbenah salah satunya untuk menggaet minat generasi muda.

"Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam memajukan koperasi adalah dengan meningkatkan literasi perkoperasian serta memberi stimulus kepada generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi dan berwirausaha," katanya pula.

Dia menjelaskan tantangan koperasi pada masa kini, yaitu harus mampu membentuk kepercayaan dan loyalitas konsumen sejak sekarang, untuk itu koperasi harus mulai berbenah menyambut era Revolusi Industri 4.0 tanpa harus meninggalkan jati diri sebagai tonggak perekonomian.

"Apabila dikaitkan dengan kaum milenial, Indonesia akan memasuki bonus demografi selama rentang waktu 2030-2045, pada periode tersebut komposisi penduduk didominasi oleh kelompok usia produktif yang melek teknologi. Jadi koperasi harus melakukan inovasi bisnis dan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi tanpa harus menanggalkan tradisi mufakat sebagai fondasi," ujarnya lagi.

Selanjutnya pengembangan koperasi harus terus didukung dengan memfasilitasi, memberdayakan dan menggerakkan sektor-sektor strategis serta potensi unggulan yang dimiliki daerah.

"Selain itu untuk memperkenalkan koperasi kepada generasi muda juga dilakukan melalui pelaksanaan Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) sebagai bagi koperasi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai upaya menanamkan prinsip dan nilai koperasi pada pemuda," katanya lagi.
Baca juga: Menkop dorong petambak udang Lampung bentuk koperasi modern
Baca juga: Menkop UKM tegaskan Lampung jadi penyangga kebutuhan pangan nasional

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023