Jakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat Jakarta mengurus administrasi kependudukan (adminduk) tanpa melalui calo.
 
"Jajaran dari tingkat dinas hingga suku dinas secara serempak turun ke kantor-kantor layanan Dukcapil tingkat kelurahan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Budi Awaluddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Menurut Budi, pihaknya turun langsung ke lapangan agar dapat merasakan atmosfer pelayanan sesungguhnya serta memberikan motivasi kepada petugas tingkat kelurahan dalam rangka mempertahankan predikat terbaik selama ini.
 
Selain itu, Dukcapil DKI juga melakukan pendekatan langsung ke masyarakat (top-down) untuk menghilangkan kebingungan, mengurangi risiko dan menjaga inisiatif tetap tertata pada tim.
 
Hal tersebut dalam rangka pelayanan prima tanpa mengurangi aspirasi yang disuarakan pada layanan paling bawah yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.

Baca juga: Dukcapil DKI tingkatkan layanan 3,5 jam tiap dua kali sebulan
Baca juga: Tak perlu calo, layanan adminduk di DKI Jakarta dari pintu ke pintu
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Budi, mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi warga Jakarta.
 
"Ke depan Jakarta menjadi 'global city' sehingga perlu ada penataan perkotaan yang moderen pada berbagai lini dan sektor. "Termasuk layanan 'excellence', salah satunya di bidang kependudukan agar dapat menjadi barometer layanan yang baik," kata Budi.
 
Salah satu warga yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan di Kelurahan Menteng Atas, Untarto mengaku mendapatkan pelayanan lebih luwes dan nyaman saat mengurus kepindahan anaknya.
 
Budi juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah mengurus administrasi kependudukan secara mandiri tanpa melalui calo di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023