Mari kembangkan pariwisata berkualitas daripada 'mass tourism'.
Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengamanatkan R Erwin Soeriadimadja sebagai Kepala Perwakilan BI (KPwBI) Provinsi Bali yang baru agar meneruskan program yang telah dilakukan oleh Trisno Nugroho terkait hilirisasi, digitalisasi, hingga pariwisata berkualitas.

"Mari kembangkan pariwisata berkualitas daripada 'mass tourism'. Jangan lagi membuat paket-paket wisata yang murah," kata Perry Warjiyo saat mengukuhkan R Erwin Soeriadimadja sebagai Kepala KPwBI Provinsi Bali, di Denpasar, Senin.

R Erwin Soeriadimadja menggantikan Trisno Nugroho yang memasuki masa purnabakti. Erwin sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Acara pengukuhan disaksikan Sekda Provinsi Bali I Dewa Made Indra, perwakilan bupati/wali kota se-Bali, perwakilan kementerian/lembaga, kepala dinas serta asosiasi, dan undangan lainnya.

Menurut dia, jika Bali tetap dengan pariwisata massal, maka wisatawan yang masuk banyak, tetapi uang yang masuk tidak banyak sehingga akhirnya terjadi kerusakan alam.

Selain soal pariwisata, Perry juga mengingatkan untuk meneruskan program dan kerja menjaga ketahanan pangan dan mengembangkan UMKM karena belajar dari pandemi COVID-19 itu Bali tidak bisa lagi bertumpu pada satu penopang ekonomi yaitu pariwisata.

"Bali perlu mengembangkan ekonomi yang inklusif dan menuju ekonomi hijau, peningkatan kualitas UMKM serta menjaga ketahanan pangan dan hilirisasi," katanya.

Perry Warjiyo dalam sambutannya juga menyampaikan Trisno Nugroho telah bertugas sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali selama periode pandemi COVID-19, dan dalam periode tersebut BI mampu memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran untuk mengatasi tantangan tersebut.

"Hal ini menunjukkan pentingnya kerja sama yang erat antara Bank Indonesia dan pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi dan keuangan," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Trisno Nugroho atas dedikasinya dalam menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali.

Trisno Nugroho dikenal sebagai salah satu pemimpin terbaik di lingkungan Bank Indonesia. Selama kepemimpinannya, sinergi antara Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi Bali terus diperkuat, terutama dalam mendukung UMKM dan pembangunan ekonomi daerah.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengucapkan terima kasih kepada Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali khususnya saat dipimpin oleh Trisno Nugroho dengan sinergi dan kolaborasinya yang sangat luar biasa. "Tidak hanya kebijakan-kebijakan, tetapi intervensi langsung pada UKM-UKM di Bali," ujarnya.

Terlebih KPwBI Bali dinilai sebagai mitra yang luar biasa untuk pemulihan Bali, dan Trisno Nugroho hampir setiap saat mendiskusikan ekonomi Bali terutama pada masa COVID-19 saat Bali mengalami kontraksi yang dalam.

"Terima kasih Gubernur BI telah menempatkan putra terbaiknya di Bali. Pak Erwin pasti juga putra terbaik untuk Bali. Selamat bergabung dengan kami dan selamat berkolaborasi," kata Dewa Indra pula.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana juga memberikan apresiasi atas kepemimpinan Trisno Nugroho.

Menurut dia, sinergi yang telah berlangsung baik antara BI dengan Pemkot Denpasar harus terus ditingkatkan untuk mendukung kemajuan daerah.

"Sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin antara Perwakilan BI Provinsi Bali dengan Pemerintah Kota Denpasar, terutama terkait UMKM, program pembangunan, penanganan inflasi dan percepatan digitalisasi sektor keuangan dinilai sangat luar biasa," ujarnya lagi.

Pihaknya berharap sinergi ini terus berlanjut utamanya untuk mendukung kemajuan di Kota Denpasar.
Baca juga: BI sebut keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Bali terjaga baik
Baca juga: BI Bali ingatkan waspadai inflasi dari kenaikan permintaan canang sari

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023