..upaya Montana dalam memutus Montana dari jaringan global pengguna TikTok adalah mengabaikan dan merusak struktur, desain, dan tujuan internet.
Washington (ANTARA) - Dua asosiasi bisnis teknologi di Amerika Serikat pada Senin waktu setempat mendukung TikTok Inc dalam mengajukan gugatan yang berusaha mencabut larangan menggunakan TikTok yang diterapkan di negara bagian Montana.

Montana mengeluarkan aturan yang melarang penggunaan aplikasi berbagi video pendek itu yang akan berlaku mulai 1 Januari tahun depan.

Kedua asosiasi bisnis yang membela TikTok itu adalah NetChoice, sebuah asosiasi perdagangan nasional yang di antaranya beranggotakan platform-platform teknologi besar, dan Chamber of Progress yang merupakan perhimpunan industri teknologi.

Dalam keterangan bersama kepada pengadilan, kedua asosiasi itu menyatakan bahwa "upaya Montana dalam memutus Montana dari jaringan global pengguna TikTok adalah mengabaikan dan merusak struktur, desain, dan tujuan internet."

TikTok, yang dimiliki ByteDance dari China, pada Mei mengajukan gugatan untuk menggagalkan larangan yang pertama kalinya dilakukan sebuah negara bagian di AS.

TikTok beralasan larangan itu melanggar hak kebebasan berbicara baik TikTok maupun penggunanya, yang dijamin dalam Amandemen Pertama dalam konstitusi Amerika Serikat.

Baca juga: TikTok dalam pembahasan untuk peroleh lisensi pembayaran di Indonesia
Baca juga: TikTok Indonesia tegaskan tak terapkan perdagangan lintas batas
Baca juga: TikTok klaim tak berniat hadirkan "Project S" di Indonesia


Sumber: Reuters

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023