Jadi kulinernya kami angkat dengan nama Senja Surya (Seneng Njajan Nang Pasar Surya/Suka Makan Jajan di Pasar Surya).
Surabaya (ANTARA) - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Surabaya menyatakan Bazar Senja Surya yang digelar di halaman Pasar Kembang, Kota Pahlawan, Jawa Timur (Jatim) mulai 7-31 Agustus 2023, merupakan ajang promosi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) kuliner.

"Jadi kulinernya kami angkat dengan nama Senja Surya (Seneng Njajan Nang Pasar Surya/Suka Makan Jajan di Pasar Surya). Buka sore karena kami ingin juga masyarakat Surabaya yang mungkin pulang kerja capek, pas lewat Pasar Kembang, bisa mampir," kata Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya Agus Priyo dalam keterangannya, di Surabaya, Selasa.

Sedikitnya ada sekitar 14 stan kuliner yang meramaikan Bazar UMKM Senja Surya. Beragam kuliner tersebut memiliki ciri khas dan terkenal dengan cita rasanya masing-masing, seperti di antaranya Rawon Pangat, Bebek Hitam Bok Ha, Lontong Balap Pak Gendut, Kue Cucur Pucang Anom hingga Dawet Blauran.

"Jadi kami angkat semuanya. Kalau bisa dibilang, ini adalah etalase dari sebagian kuliner Surabaya," ujarnya pula.

Untuk itu, Agus menerangkan bahwa tujuan utama Bazar Senja Surya ini untuk mengenalkan kuliner yang ada di dalam pasar pengelola PD Pasar Surya. Sekaligus untuk mengubah mindset bahwa pasar tradisional juga bisa menjadi tempat nongkrong yang asyik dan nyaman bagi anak-anak muda.

"Ke depannya terus akan kami gelar. Kami tumbuhkan semangat bersama, seperti semangat Pak Wali Kota, Surabaya Hebat," katanya lagi.

Selain bertujuan untuk mengenalkan UMKM kuliner Surabaya, Bazar Senja Surya juga sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jadi sekaligus untuk memeriahkan Bulan Kemerdekaan, dan ini disupport penuh oleh Bank Jatim," ujarnya lagi.

Karena itu, Agus mengajak masyarakat, khususnya anak-anak muda Surabaya untuk bisa datang menikmati kuliner sembari nonton live musik di Bazar Senja Surya. Ia memastikan kuliner yang tersedia di Senja Surya cita rasanya enak dan harganya terjangkau.

"Ayo arek-arek Suroboyo, cak dan ning, monggo (silakan) kalau pas lewat, atau lagi bingung cari tempat makan atau tempat nongkrong, monggo datang di Pasar Kembang, ada Senja Surya. Dijamin kulinernya nikmat dan harganya terjangkau," ujarnya.

Bahkan, Agus menyatakan, Bazar Senja Surya rencananya ke depan akan digelar setiap tiga bulan sekali. Demikian dengan lokasinya juga akan dipilih bergantian di sejumlah pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Surya Surabaya.

"Nanti keliling, jadi setiap tiga bulan sekali kita angkat. Untuk lokasinya akan kami tunjuk pasar, berpindah-pindah," ujarnya pula.
Baca juga: Harga MinyaKita di Surabaya terpantau stabil
Baca juga: Pemkot Surabaya cari solusi sengketa tanah warga dengan PD Pasar Surya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023