Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berencana membangun gudang logistik di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan akibat kekeringan di wilayah tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan rencana tersebut usai melaporkan penanganan kekeringan di Papua Tengah kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

"Tadi sudah mendapatkan persetujuan dari Bapak Presiden, nanti kita akan membangun gudang logistik di lembah Agandugume untuk meng-cover tiga distrik di sana," katanya.

Baca juga: Mensos dirikan lumbung sosial tingkatkan ketahanan pangan Papua Tengah

Muhadjir menyampaikan masalah kekeringan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, saat ini sudah teratasi dan pasokan logistik sudah berhasil disalurkan meskipun belum maksimal.

"Meskipun saat ini masih musim kering di Papua Tengah, namun setidaknya pasokan logistik yang disalurkan bisa dimanfaatkan untuk tiga bulan ke depan," ujarnya.

Mengenai pembangunan gudang logistik di Distrik Agandugume, Muhadjir menambahkan pemerintah akan menempatkan tenaga keamanan untuk menjaga gudang tersebut.

Keberadaan gudang logistik diharapkan dapat menjadi solusi strategis untuk mengantisipasi krisis pangan pada masa mendatang di wilayah tersebut.

Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih siap amankan gudang logistik di Agandugume
Baca juga: BNPB: Kekeringan di Papua Tengah dipengaruhi musim dingin di Australia
Baca juga: Mentan siapkan tanaman polybag penuhi pangan warga Papua Tengah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023