Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai kegiatan Raimuna Nasional XII yang ditargetkan akan dihadiri lebih dari 25 ribu peserta mampu memperkuat capaian target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).
 
"Kegiatan ini tentunya akan memperkuat capaian target (1,2 miliar-1,4 miliar) pergerakan wisatawan nusantara," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam siaran resminya, Selasa.
 
Pada Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang berlangsung pada tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur ini para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan, yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda.
 
"Semoga rangkaian Raimuna Nasional XII tahun 2023 berjalan dengan lancar dan diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda khususnya bagi masa depan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global," ujar Sandiaga.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Raihan Muhammad Sujaya, menjelaskan setiap kontingen dari masing-masing daerah nantinya juga akan membuka booth untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif daerah dan destinasi pariwisata. Yang diikuti beberapa Kementerian dan Lembaga.
 
"Tidak hanya selalu tentang Pramuka, nantinya selama 1-2 hari peserta juga akan memiliki kesempatan magang di kementerian/lembaga termasuk di Kemenparekraf," ujarnya.
 
Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf Florida Pardosi mengatakan, melalui kegiatan ini anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang jumlahnya mencapai 9 juta orang, akan didorong untuk menjadi agen perubahan yang berkarakter dalam pengembangan pariwisata khususnya di desa-desa wisata.
 
"Ini potensi luar biasa yang bisa kita kolaborasikan secara optimal," ujar Florida.
 
Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono juga mengatakan pihaknya akan mengajak keterlibatan aktif dari anggota Pramuka untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.

Baca juga: Menparekraf: Kunjungan wisman pada Juni 2023 meningkat 11,44 persen
Baca juga: Menparekraf ajak mahasiswa kembangkan pariwisata berkelanjutan
Baca juga: Sandiaga tarik wisatawan China melalui pemasaran digital tertarget

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023