saya tidak mengetahui secara pasti bagaimana lantai jembatan bisa hilang. Ketika itu,  lampu JPO mati sehingga tidak bisa melihat dengan jelas kondisi di lokasi kejadian
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat kembali menambal pelat besi lantai jembatan penyeberangan orang (JPO) Warung Gantung di Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat yang hilang pada Senin (7/8) dini hari.

Menurut warga setempat, Willy (49), Sudin Bina Marga Jakarta Barat sudah menambal lantai besi yang hilang itu dengan cara dilas agar peristiwa kehilangan tidak terjadi lagi.

"Kali ini dilas supaya tidak hilang. Sebelumnya hilang karena cuma dibaut," kata Willy saat ditemui di lokasi JPO Warung Gintung, Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa.

Willy mengaku tidak melihat hilangnya pelat besi JPO pada Senin (7/8) dini hari karena ketika itu kondisi lampu JPO padam sehingga dari bawah tidak terlihat jelas.

"Setelah ketahuan hilang, tukang ojek berinisiatif menutup JPO agar tidak mencelakakan pejalan kaki yang hendak menyeberang," lanjut dia.

Imbas hilangnya lantai JPO, para pejalan kaki tidak bisa menggunakan JPO tersebut. Mereka, memilih untuk menyeberang di Jalan Daan Mogot. Beberapa dari mereka meminta bantuan kepada Willy yang merupakan juru parkir, untuk menyeberang.

"Ada orang mau menyeberang juga minta tolong jadinya. Jadi pada lewat sini (jalan raya) enggak berani juga menyeberang karena kendaraan padat dan ngebut-ngebut," jelas dia.

Dalam pantauan di lokasi pada Selasa (8/8), nampak pelat lantai yang ditambal berada di sisi utara, tengah dan selatan lantai JPO.

Sementara itu, garis pengaman yang sebelumnya terpasang kini dilepaskan oleh petugas. Di anak tangga pertama pada sisi utara JPO masih terpasang kertas pemberitahuan bertuliskan "JPO Rusak Dalam Proses Perbaikan."

Namun, garis pengamanan Satpol PP yang sempat terpasang telah dicopot. Kini, warga bisa kembali mengakses JPO tersebut.

Sebelumnya, petugas Suku Dinas Bina Marga Jakbar  memasang garis pengaman pada masing-masing sisi lembar lantai JPO yang hilang agar tidak digunakan untuk sementara waktu.

"Diberi pengamanan dengan safety line di JPO Warung Gantung sehingga belum bisa digunakan sementara waktu," jelas Kepala Sudin Bina Marga Jakarta Barat, Darwin Ali pada Senin (7/8).

Darwin menyatakan pihaknya juga.akan memasang kamera CCTV di JPO tersebut untuk mencegah perusakan dan pencurian komponen JPO.

"Kebetulan kalau untuk JPO itu kewenangan berada di  Dinas Marga DKI bidang Prasarana dan Sarana Utilitas Kota (PSUK), termasuk untuk pengadaan CCTV segala macam itu ada di sana. Rencana sudah mau dipasang," tutup Darwin.
Baca juga: Satpol PP DKI Jakarta minta warga jaga sarana umum
Baca juga: Bina Marga perbaiki pelat penyangga JPO Daan Mogot
Baca juga: Bina Marga Jakarta Barat tutup satu JPO di Cengkareng

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023