Saya memastikan untuk membuat instruksi gubernur (ingub) untuk menerapkan WFH bagi sekolah dan gedung pemda yang berada di sekitar titik lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di Ibu Kota untuk bekerja dari rumah (work from home/ WFH) selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 pada 5-7 September 2023.
 
Selain itu, Heru juga menyampaikan kebijakan serupa (WFH) juga ditujukan kepada perusahaan swasta sedangkan untuk siswa sekolah bisa memanfaatkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).
 
"Saya memastikan untuk membuat instruksi gubernur (ingub) untuk menerapkan WFH bagi sekolah dan gedung pemda yang berada di sekitar titik lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN," kata Heru dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dalam rangka 'Road to ASEAN Summit' dengan tema 'Kota Cerdas ASEAN, Tingkatan Kualitas Hidup' yang disiarkan secara daring, Selasa.
 
Sekolah-sekolah dan kantor pemerintahan yang mendapat instruksi bekerja dari rumah ini hanya yang lokasinya berada di sekitar rute kegiatan delegasi KTT ASEAN, kata Heru menegaskan.
 
Menurut Heru, instruksi WFH itu untuk mencegah kepadatan lalu lintas saat penyelenggaraan KTT ASEAN.
 
"Sedangkan untuk organisasi di luar pemerintahan (sektor swasta), Kami hanya bisa mengimbau untuk memberikan sumbangsih kelancaran kegiatan. Maka, kalangan swasta bisa memulai memikirkan misalnya dengan bekerja dari rumah tentunya dengan menyesuaikan  kebijakan di masing-masing perusahaan," kata Heru.
 
Heru menjelaskan sementara ini kebijakan terhadap perangkat daerah, swasta, dan lainnya terkait penyelenggaraan KTT ASEAN barulah  bersifat edaran atau imbauan.
 
Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan agar semua hal terkait penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023 sudah direncanakan dan disiapkan dengan matang.
 
Setelah menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN di Jakarta, Selasa, Jokowi menjelaskan semua persiapan diharapkan mencapai 100 persen menjelang penyelenggaraan pertemuan puncak blok Asia Tenggara itu pada September 2023.
 
“Semuanya sudah direncanakan, sudah disiapkan dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap di September,” kata Jokowi.
Baca juga: Jakarta dukung ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Pemprov DKI perkenalkan wisata Jakarta kepada delegasi ASEAN 2023
Baca juga: Heru resmikan Taman ASEAN sebagai komitmen kurangi emisi karbon

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023