Riyadh (ANTARA) - Otoritas Pengembangan Ekspor Arab Saudi, "Saudi Exports", mengatur sebuah misi perdagangan ke Jepang dengan mengusung tema "Saudi Made" di Tokyo pada Selasa (8/8).

Misi perdagangan tersebut merupakan bagian dari upaya Saudi Exports untuk mengembangkan ekspor Arab Saudi di bidang nonmigas.

Upaya itu berasal dari perannya dalam mempromosikan eksportir dan produk mereka, dan mendorong produk Arab Saudi sekaligus meningkatkan daya saing mereka untuk menjangkau pasar internasional, yang mencerminkan status dan kualitas produk Arab Saudi.

Lebih dari 22 perusahaan Arab Saudi dan lebih dari 73 perusahaan Jepang yang bergerak di sektor jasa dan pangan berpartisipasi dalam kegiatan misi perdagangan tersebut.

Tujuan dari partisipasi berbagai perusahaan tersebut adalah untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan di antara kedua negara serta mencari jalan baru untuk berkolaborasi guna memfasilitasi masuknya produk dan jasa domestik ke dalam pasar Jepang yang menjanjikan.

Ajang tersebut mencakup pertemuan bilateral dan bisnis serta perjanjian dan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani antara pihak Saudi dan Jepang.

Ekspor nonmigas Arab Saudi ke Jepang total sebesar 16,42 miliar riyal (sekitar Rp66,5 triliun) selama lima tahun terakhir (2018-2022), termasuk sebesar 3,72 miliar riyal (sekitar Rp15 triliun) tahun lalu.

Sektor kimia dan polimer menduduki puncak ekspor nonmigas Arab Saudi ke Jepang dengan nilai 1,72 miliar riyal (sekitar Rp6,96 triliun), disusul sektor bahan konstruksi sebesar 1 miliar riyal (sekitar Rp4 triliun).

Partisipasi Saudi Exports dalam misi perdagangan ke Jepang, yang membuka banyak peluang ekspor, berfungsi sebagai penegasan kembali akan komitmen teguh untuk mempromosikan eksportir dan produk mereka serta memfasilitasi hubungan antara eksportir dan pembeli potensial.

Hal ini dinilai berkontribusi untuk merangsang pertumbuhan ekspor nonmigas Saudi dan mengarah pada keterlibatan lebih lanjut dengan pasar internasional.

Upaya ini juga berperan sebagai tambahan pemasukan bagi perekonomian nasional, sejalan dengan sasaran Saudi Exports dan menerjemahkan Visi Saudi 2030 dengan mendiversifikasi sumber pendapatan bagi perekonomian nasional.

Sumber: Saudi Press Agency

Baca juga: Minyak jatuh, kekhawatiran ekonomi global lebihi pengurangan Saudi

Baca juga: S&P dan Moody's naikkan peringkat Saudi karena reformasi non-minyak

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023