Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) melakukan bersih-bersih pantai dan laut di lokasi Malalayang Beach Walk (MBW) guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami melakukan bersih-bersih seputaran pantai Malalayang sampai di dalam laut dengan para penyelam, agar lokasi wisata semakin bersih, dan kunjungan wisman pasti meningkat," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan konsep ekowisata yang menjadi incaran para wisman untuk berkunjung.

Menurut dia, konsep ekowisata tersebut sangat besar dan potensinya juga terbuka luas di Kota Manado dan sekitarnya.

"Kembangkan potensi ekowisata pasti akan menjadi tujuan utama wisman," katanya.

Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko mengatakan selain meningkatkan kunjungan wisman, kegiatan kali ini pasti akan menambah pendapatan para pelaku usaha di MBW dan sekitarnya.

Juga, katanya, mendorong pertumbuhan ekonomi di Manado dan Sulut pada umumnya.

Harus diakui, katanya, ekonomi Sulut sudah bagus, namun untuk mempertahankannya perlu upaya-upaya seperti saat ini.

Kegiatan "Mari Jo Beking Bersih, Sapu Pantai dan Sapu Laut" (Ayo mari buat bersih, menyapu pantai dan menyapu laut) digelar Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (9/8) di Malalayang Beach Walk.

Kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang bahu-membahu membersihkan pantai dan laut dari sampah.

Perkumpulan Generasi Karema di Proyek Karema yang diketuai Grace Wakari mengatakan pihaknya sangat bergembira bisa diikutkan oleh BI KPw Sulut, dalam kegiatan lingkungan ini.

"Kami juga berharap, makin banyak kegiatan lingkungan seperti ini, yang terutama adalah aksi kami bisa ikut mengubah perilaku masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah plastik sembarangan, terutama membuang sampah di laut," kata Grace.

Acara tersebut dibuka oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti dan turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Andry Prasmuko, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat dan jajaran.


Baca juga: BI menyerahkan sertifikat kompetensi UMKM Batik Sulut

Baca juga: BI fasilitasi UMKM Sulut promosikan produk pangan-tenun di KTT ASEAN


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023