Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, Sulawesi Utara mengimplementasikan konsep ecotourism atau pariwisata hijau dalam upaya menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.
 
Menparekraf dalam siaran resminya, Rabu, menjelaskan langkah ini diambil sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hiroshima pada pertemuan G7 beberapa waktu lalu.
 
"Hari ini tim dari CIRAD Prancis telah menyelesaikan konsep awal dan sudah ada kunjungan dari tim Yayasan Indonesia Biru atas nama Likupang untuk presentasi ke pemerintah daerah yakni Bupati dan saya dari pemerintah pusat. Kami menyepakati bahwa inilah yang akan menjadi fokus dari pembangunan Likupang ke depan yaitu yang berfokus kepada pariwisata hijau," kata Sandiaga.
 
Lebih lanjut, ia mengungkapkan nantinya kawasan Likupang akan dikembangkan menjadi kawasan regeneratif yang mengharuskan adanya kesepakatan dan pakta integritas dengan seluruh ekosistem termasuk masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.
 
Pembangunan di Likupang, lanjut dia, berbeda dengan empat DPSP lainnya, hal ini dikarenakan pembangunan Likupang memang tidak difokuskan pada infrastruktur tetapi bagaimana aspek kelestarian lingkungan agar dijaga dan dilestarikan dengan baik.
 
"Kalau Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur infrastrukturnya sudah terbangun dan sudah memiliki kegiatan MICE yang besar. Tapi kalau di sini kita akan fokuskan kepada pariwisata hijau, yang menyatu dengan alam," katanya.
 
Menurut Bupati Minahasa Utara, Joune JE Ganda, pemerintah daerah menyambut baik inisiasi tersebut. Karena kawasan Likupang merupakan kawasan yang dilintasi oleh garis Wallace. Dengan demikian dirasa tepat untuk implementasi konsep regeneratif pariwisata hijau.
 
"Pada prinsipnya yang menyangkut wilayah di Minahasa Utara ini kami akan mendukung dan kami menunggu kira-kira apa saja yang perlu kami siapkan, apa saja yang perlu kami jaga untuk bisa mendorong pengembangan pariwisata hijau," ujarnya

Baca juga: Menparekraf: Penguatan SDM mampu wujudkan pariwisata berkualitas
Baca juga: Sandiaga: Poltekpar Manado perkuat penciptaan SDM sektor pariwisata
Baca juga: KEK Likupang dikembangkan berbasis konservasi jadi wisata berkualitas

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023