Jayapura (ANTARA) - TNI bersama Polri saat ini aktif melakukan razia gabungan di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban terutama peredaran barang-barang terlarang jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Dansatgas Yonif RK 115/ML, Letkol Inf Raden Herman Sasmita dalam keteangan di Jayapura, Kamis, mengatakan saat ini Pos Pruleme Satgas Yonif RK 115/ML bersama Kodim 1714/Puncak Jaya dan Polres Puncak Jaya sedang aktif melakukan razia gabungan guna mencegah upaya penyeludupan barang-barang terlarang yang hendak masuk.

“Kegiatan tersebut dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah adanya peredaran benda-benda terlarang di kalangan masyarakat seperti senjata api, senjata tajam maupun minuman keras,”katanya.

Untuk itu, katanya  sangat penting melibatkan semua unsur aparat keamanan dari TNI-Polri yang sedang bertugas sekaligus menunjukkan solidaritas dan sinergisitas semua pihak dalam rangka menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Papua Tengah.

“Apalagi menjelang HUT Kemerdekaan RI seperti ini sangat penting dilakukan pengamanan agar masyarakat dapat merayakan momen ini dengan lancar tanpa adanya gangguan,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesan positif terhadap wilayah Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara itu, Pasiter Satgas Yonif RK 115/ML Letda Inf Leonar Sirait mengatakan  selain menjaga wilayah ini agar, hal tersebut juga untuk mempererat solidaritas TNI-Polri dengan berbagai elemen masyarakat.

“Kami TNI-Polri akan selalu solid menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Puncak Jaya, hal ini dilakukan agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas. Untuk itu kami juga mengajak masyarakat agar bersama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Puncak Jaya sehingga terbentuk rasa aman dan damai,”katanya.
Baca juga: Kiat Bupati Puncak Jaya atasi gangguan keamanan
Baca juga: Polisi tangkap anggota kelompok bersenjata di Puncak Jaya
Baca juga: Polisi tetap operasi penegakan hukum di Puncak Jaya


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023