Jakarta (ANTARA News) - Fiorentina berhasil menahan imbang AC Milan 2-2 di Artemio Franchi dalam lanjutan laga Liga Utama Italia, Minggu malam.

"La Viola" sebelumnya tertinggal 0-2 sampai pertengahan babak kedua, namun beruntung mereka mendapat dua hadiah penalti yang berhasil membuat hasil akhir menjadi imbang 2-2.

Gol pertama Milan dicetak Riccardo Montolivo pada menit 14. Dia berhasil melesatkan tendangan dari tengah kotak penalti ke pojok gawang Fiorentina yang dijaga Emiliano Viviano.

Dua puluh lima menit kemudian, kabar buruk menerpa lagi Fiorentina. Dalam ketertinggalan angka, mereka harus bermain dengan 10 orang karena bek Nenad Tomovic dikartumerahkan.

Dia dianggap menyikut Stephan El Shaarawy ketika melakukan perebutan bola. Wasit yang melihat hal tersebut langsung mengirim Tomovic ke luar lapangan.

Biarpun Milan unggul jumlah pemain, tapi mereka baru berhasil menambah keunggulan di pertengahan babak kedua, tepatnya pada menit 61, lagi-lagi lewat peran Montolivo.

Mantan pemain Fiorentina itu memang tidak menjaringkan gol keduanya, tapi memberi umpan matang kepada Mathieu Flamini. Berawal ketika Montolivo di sayap kanan, memberi sodoran bola ke dalam kotak penalti.

Flamini yang tidak terkawal, dengan apik melakukan sontekan yang berbuah keunggulan 2-0 untuk Milan.

Fiorentina tidak tinggal diam, meski bermain dengan 10 pemain, mereka berusaha menyerang dan terbukti sangat menyulitkan pertahanan tim tamu.

Terutama ketika penyerang Adem Ljajic melakukan aksi individual di depan kotak penalti Milan pada menit 66. Dia melewati sekitar lima orang pemain sampai harus dijatuhkan Antonio Noccerino di kotak 12 pas.

Wasit langsung memberi Noccerino kartu kuning dan memberi "La Viola" hadiah penalti yang dieksekusi Ljajic sendiri dan berbuah gol, Fiorentina mengejar 1-2.

Sepuluh menit berselang, tuan rumah mendapat hadiah penalti lagi. Kali ini Juan Guikermo Cuadrado dijatuhkan di kotak penalti oleh bek Mattia De Sciglio.

David Pizarro yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang ini. Dia melesatkan tendangan keras ke kanan gawang, bola merangsek masuk dan mengubah keadaan menjadi imbang 2-2.

Menjelang akhir pertandingan, Milan sempat mendapat peluang. Berawal dari sepak pojok, bola menyentuh tangan dari salah satu pemain Fiorentina yang berada dalam kotak penalti. Sayang, wasit membiarkannya sehingga kedudukan 2-2 bertahan sampai peluit babak pertandingan berakhir.

Dengan hasil tersebut posisi Milan tetap berada pada peringkat tiga klasemen sementara dengan 57 poin, sementara Fiorentina juga tetap menduduki peringkat empat berselisih enam poin dari Milan.

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013