Konsumen melihat bantuan berbasis luas pada harga ekonomi beroperasi di gigi rendah dan margin kecil kelonggaran terbuka di pasar tenaga kerja
New York (ANTARA) - Indeks Harga Konsumen (IHK) Amerika Serikat naik 3,2 persen pada Juli dari setahun lalu, lebih lambat dari yang diperkirakan, menurut Departemen Tenaga Kerja pada Kamis (10/8/2023), sebagai tanda kenaikan moderat dalam inflasi.

Inflasi tahunan Juli, menyusul kenaikan 3 persen pada bulan sebelumnya, naik untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun, tetapi langkah-langkah yang mendasarinya tetap ringan.

Pada skala bulanan, IHK meningkat 0,2 persen dari bulan lalu, menyamai kenaikan pada Juni.

Shelter atau tempat tinggal menyumbang lebih dari 90 persen kenaikan IHK bulanan, dengan biaya sewa naik 0,4 persen. Sementara itu, harga makanan naik 0,2 persen dalam sebulan, dan energi naik 0,1 persen, menurut data resmi.

IHK inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak, tumbuh 0,2 persen pada Juli bulan ke bulan, menyamai kenaikan pada Juni.

Baca juga: Keyakinan konsumen Amerika Serikat turun pada Februari

Dalam 12 bulan hingga Juli, IHK inti naik 4,7 persen, level terendah sejak Oktober 2021, setelah naik 4,8 persen pada Juni.

"Konsumen melihat bantuan berbasis luas pada harga ekonomi beroperasi di gigi rendah dan margin kecil kelonggaran terbuka di pasar tenaga kerja," kata Bill Adams, kepala ekonom di Comerica Bank di Dallas.

Inflasi telah turun jauh dari puncak 9,1 persen pada Juni 2022, tetapi masih jauh di atas target Federal Reserve di level 2,0 persen.

"Meskipun wajar untuk menggambarkan harga masih relatif tinggi di tempat-tempat seperti tempat tinggal dan mobil bekas, kami menyaksikan tingkat perubahan yang mendorong konsumen, serta pembuat kebijakan Federal Reserve," kata Rick Rieder, kepala investasi pendapatan tetap global di perusahaan manajemen aset BlackRock.

Baca juga: Dolar ditutup relatif stabil di Asia, pasar menunggu data IHK AS

Baca juga: Bank-bank besar AS peringatkan resesi karena inflasi rugikan konsumen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023