Jakarta (ANTARA) - Iga Swiatek memastikan diri untuk tetap menjadi petenis nomor satu dunia selama 72 pekan berturut-turut setelah mengalahkan Karolina Muchova 6-1, 4-6, 6-4 untuk mencapai perempat final WTA Montreal Open, Kamis waktu setempat.

Petenis Polandia itu tidak terpengaruh dengan dua kali penundaan dikarenakan hujan yang panjang dalam pertandingan ulang final French Open yang dimenanginya dua bulan lalu itu.

Butuh dua jam dan 47 menit di lapangan, tetapi lebih dari sembilan jam dari awal hingga akhir pertandingan.

Swiatek melalui set pembuka, tetapi seperti yang dilakukan lawannya asal Ceko itu di Roland Garros, Muchova bangkit untuk merebut set kedua. Namun, hujan membuat pertandingan terhenti selama lebih dari tiga jam.

Swiatek berhasil mematahkan servis untuk membuka set ketiga saat hujan kembali turun yang membuat pertandingan terpaksa kembali dihentikan. Swiatek kemudian memimpin setelah jeda hujan.

"Anda harus menemukan energi meskipun kami sudah di sini sejak jam 9 pagi," kata Swiatek, seperti disiarkan AFP, Jumat.

Baca juga: Swiatek menangi gelar WTA di kampung halamannya Warsawa

"Yang pasti, itu adalah hari yang sangat luar biasa, dan saya tidak berpikir saya memiliki situasi seperti itu dalam karier saya sehingga ada kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan melihat apa yang saya mampu -- meskipun kami memainkan pertandingan ini, seperti, tiga kali."

Swiatek selanjutnya akan menghadapi petenis kualifikasi AS Danielle Collins di perempat final.

Sementara itu, unggulan keempat dari Amerika Jessica Pegula membukukan tempat di perempat final dengan kemenangan 6-4, 6-0 atas Jasmine Paolini sebelum hujan turun.

Pegula melepaskan enam ace dan mematahkan servis Paolini lima kali, dengan hanya membutuhkan waktu 69 menit untuk membukukan kemenangan kelimanya dalam banyak pertemuan dengan petenis Italia itu.

Pegula, yang mencapai semifinal di dua turnamen Kanada terakhir, selanjutnya menghadapi pasangan gandanya Coco Gauff, yang mengalahkan juara baru Wimbledon Marketa Vondrousova 6-3, 6-0 hanya dalam waktu 62 menit.

Gauff, yang merebut gelar keempat dalam kariernya pada Minggu (6/8) di Washington, menjadi unggulan keenam.

Vondrousova menempati unggulan kesembilan sebulan setelah dia meraih gelar Grand Slam pertamanya.

Baca juga: Medvedev capai perempat final ATP Toronto

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023