Rencana Soft Launching awal Februari 2024
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Jalan Layang (Flyover) Sekip Ujung di Kota Palembang selesai pada Februari 2024.

"Rencana Soft Launching awal Februari 2024," ujar Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Pembangunan flyover sepanjang 660 meter tersebut menjadi kunci untuk mengurai kemacetan. Dengan lalu lintas yang semakin lancar, diharapkan akan mempermudah pergerakan orang dan barang, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan terowongan bawah tanah (underpass) akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas. Di samping itu akan memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Menteri Basuki.

Flyover Sekip Ujung dibangun sejak Juni 2022 untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmad-Jalan R. Sukamto dan ruas Jalan Amphibi-Jalan Angkatan 66, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Harapannya, akses jembatan ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melintasi kawasan menuju kedua jalur tersebut.

Pembangunan Flyover Sekip Ujung terdiri dari 190 meter (jembatan), 160 meter (oprit sisi Jalan Basuki Rahmad), dan 310 meter (oprit sisi Jalan R.Sukamto).

Pekerjaan fisik flyover dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan PT. Kencana (Kerja Sama Operasi/KSO) dengan dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara senilai Rp152 miliar. Berdasarkan data, hingga saat ini progres fisiknya mencapai 46,39 persen.

Pada flyover Sekip ini juga akan dilakukan beautifikasi ornamen bangunan dengan mengedepankan seni dan budaya lokal sehingga dapat memperindah wajah Kota Palembang.

Baca juga: Menteri PUPR: Akses JPO penghubung JIS-Ancol segera dibangun

Baca juga: Menteri PUPR: Rumah ASN di IKN disiapkan lebih baik dibanding di Jawa

Baca juga: Menteri PUPR: Perbaikan jalan Kawasan Penyangga IKN selesai Desember

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023