Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Dassault Aviation lanjut produksi 18 unit Rafale pesanan Indonesia

Dassault Aviation melanjutkan produksi tahap kedua 18 unit pesawat tempur Rafale sehingga saat ini ada 24 unit yang diproduksi dari total 42 unit pesanan Indonesia sebagaimana isi kontrak pembelian yang diteken oleh Kementerian Pertahanan RI dan perusahaan pada Februari 2022.

Kepala Biro (Karo) Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha membenarkan informasi itu saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

KPK tahan Kepala BP FTZ Tanjung Pinang Den Yealta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat malam menahan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas (Free Trade Zone/FTZ) dan Pelabuhan Bebas Tanjungpinang Den Yealta (DY) setelah yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi pengelolaan kawasan perdagangan bebas Tanjungpinang tahun 2016-2019.

"Untuk kebutuhan penyidikan tim penyidik menahan tersangka DY selama 20 hari pertama terhitung 11 sampai dengan 30 Agustus 2023 di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih," kata Plt Deputi Penindakan KPK Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Selengkapnya klik di sini.

Polri pecat eks Kapolres Bukitinggi AKBP Dody Prawiranegara

Komisi Kode Etik Polri (KKEP) memutuskan sanksi administratif berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PDTH) kepada mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, terkait kasus pelanggaran etik berat terlibat dalam tindak pidana narkoba.

"Sanksi administratif berupa pemberhentian tidak dengan hormat atau PDTH sebagai anggota Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

KPK: Kabasarnas akui terima uang terkait lelang pengadaan barang

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan mantan Kepala Basarnas Henri Alfiandi mengakui telah menerima uang terkait sejumlah lelang proyek pengadaan barang di Basarnas.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan hal tersebut disampaikan saat penyidik KPK memeriksa Henri Alfiandi dan Koorsmin Kabasarnas Letkol Adm. Afri Budi Cahyanto di Mako Puspom TNI pada Rabu (9/8).

Selengkapnya klik di sini.

Pertamina imbau masyarakat tidak membangun di jalur pipa minyak

PT Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan atau bahkan melakukan kegiatan cocok tanam di sekitar right of way (ROW) atau jalur pipa minyak Pertamina.

ROW, apalagi yang berada persis di atas pipa, adalah buffer zone atau zona penyangga untuk mengantisipasi risiko-risiko yang mungkin muncul

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023