Beijing (ANTARA) - Komisi Regulasi Sekuritas China (China Securities Regulatory Commission/CSRC) dan Komisi Sekuritas dan Kontrak Berjangka (Securities and Futures Commission/SFC) Hong Kong mengumumkan pengenalan block trading, atau perdagangan manual, di bawah program akses pasar bersama pada Jumat (11/8).

Dengan Stock Connect, investor-investor asing akan dapat melakukan block trading di Bursa Efek Shanghai dan Bursa Efek Shenzhen melalui link perdagangan utara, sedangkan investor-investor China Daratan akan dapat melakukan perdagangan manual di Stock Exchange of Hong Kong Ltd. melalui link perdagangan selatan.

Inisiatif ini akan semakin meningkatkan pengaturan Stock Connect, menyediakan lebih banyak mekanisme perdagangan, meningkatkan efisiensi perdagangan, serta mendorong pengembangan bersama dari kedua pasar modal, papar pengumuman tersebut.

CSRC dan SFC akan mengawasi masing-masing bursa dan lembaga kliring di kedua pihak dalam mempelajari pengaturan bisnis, teknis, dan peraturan untuk memperkenalkan block trading, melakukan konsultasi pasar yang sesuai, serta mengembangkan proposal implementasi.

Data menunjukkan bahwa hingga akhir Juli, arus masuk modal bersih di perdagangan utara dari program Stock Connect antara bursa Shanghai dan Hong Kong mencapai 1,02 triliun yuan (1 yuan = Rp2.108), sedangkan antara bursa Shenzhen dan Hong Kong mencapai lebih dari 930 miliar yuan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023