Jakarta (ANTARA) - President CSR & SMEPP Program PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menargetkan nilai transaksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan mereka yang berada di Bazar UMKM di Mall Sarinah, Jakarta, dapat mencapai Rp1 miliar.

"Kami menargetkan sebesar-besarnya manfaat untuk UMKM, kami yakin dengan empat hari berkolaborasi dengan Angkasa Pura II dan PT Sarinah akan mendapatkan value bertransaksi lebih dari Rp1 miliar," ujar Fajriyah di depan awak media di Mall Sarinah, Jakarta, Sabtu.

Dalam bazar ini, Pertamina menghadirkan 62 UMKM binaan, Rumah BUMN Pertamina, dan Pertamina Foundation yang terdiri dari produk fashion, craft, Food & Beverages (F&B), dan beauty.

Fajriyah mengatakan PT Pertamina (Persero) melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan yang terstruktur dan terorganisir kepada UMKM binaan mereka, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas.

Sejak tahun 1993 sampai 2023, Ia menyebut perseroan telah memberikan pendanaan terhadap lebih dari 66.000 UMKM di seluruh Indonesia.

Adapun, Bazar UMKM di Mall Sarinah diselenggarakan mulai 11 sampai 14 Agustus 2023 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), sebagai upaya memperluas pangsa pasar UMKM dan menggerakkan perekonomian berbasis masyarakat.

Dalam kesempatan sama, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan bazar ini merupakan komitmen dan dukungan Kementerian BUMN dalam memberdayakan UMKM daerah, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami mengapresiasi adanya acara ini, karena dapat memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas. Selain bazar semacam ini, Pertamina proaktif mengikutkan para UMKM binaan kami dalam pameran-pameran UMKM skala internasional,” ujar Fadjar.

Dia menjelaskan, kegiatan Bazaar UMKM diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023, yang diikuti oleh UMKM binaan perusahaan BUMN, secara bergiliran sepanjang tahun 2023.

Pada Agustus ini, merupakan kesempatan dari PT Pertamina dan PT Angkasa Pura II untuk menghadirkan UMKM binaan mereka.

Sebagai informasi, PT Pertamina (Persero) adalah satu-satunya perusahaan nasional yang masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbaik di dunia versi Fortune Global 500, yang berada di peringkat 141, atau naik dibandingkan tahun 2022 yang berada di posisi 223.

Baca juga: Pertamina ikutkan tujuh UMK meriahkan Hari UMKM Nasional Expo 2023

Baca juga: Pertamina ajak 800 usaha mikro dan kecil naik kelas lewat UMK Academy

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023