Da Nang, Vietnam (ANTARA) -
Pengaruh Prancis, yang menduduki Vietnam sekitar tahun 1800an, tidak hanya terlihat dari arsitektur bangunan yang menghiasi kota-kota negara itu, tapi, juga terasa dalam sajian makanan.

Jejak itu masih ada hingga sekarang, terutama untuk urusan kuliner. ANTARA berkesempatan mencicipi salah satu restoran yang menyajikan hidangan bercita rasa Perancis di rumah makan Banh Mi Phoung, yang ada di kota Hoi An, Vietnam.

Rumah makan ini menyajikan sandwich (roti isi) banh mi menggunakan roti baguette khas Perancis, yang diklaim terbaik di dunia berdasarkan pendapat koki yang berpengaruh di dunia asal Amerika Serikat, mendiang Anthony Bourdain.

Pilihan menu di Banh Mi Phoung cukup banyak, mulai dari roti isi sosis, omelet, ayam dan keju, daging sapi, daging babi hingga daging burung unta dan tuna.

Banh mi isi sapi keju terasa gurih dengan potongan tipis daging sapi. Bumbu pada daging tidak terlalu "menonjok" lidah sehingga jika ingin memperkaya cita rasa, tambahkan saus sambal yang tersedia di meja.

Sedangkan untuk banh mi dengan isian ayam dan keju, terasa nikmat dipadukan dengan rasa segar dari daun mint, keju dan saus manis. Isiannya juga lengkap dengan bawang bombai, paprika dan timun.

Sementara untuk banh mi isi daging babi, roti terasa garing karena memakai bagian lemak, kulit dan daging dekat perut babi yang biasa dikenal samcan. Bumbu yang digunakan pun menambah nikmat sajian roti isi ini.
 
Roti sandwich ala Vietnam banh mi dengan isian daging babi di Banh Mi Phoung, Hoi An, Vietnam. (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Suasana pengunjung sedang mengantri di Banh Mi Phoung, Hoi An, Vietnam. (ANTARA/Fitra Ashari)
Sajian kelapa buah utuh di Banh Mi Phoung, Hoi An, Vietnam. (ANTARA/Fitra Ashari)


Selain banh mi, Vietnam juga terkenal dengan minuman kelapa yang disajikan dalam satu buah utuh, seperti di Indonesia. Pengunjung bisa menikmati rasa kelapa yang manis dan segar meskipun tidak di campur gula dan daging kelapa juga cukup tebal untuk bisa dimakan dengan sendok.
 
Harga untuk satu roti cukup terjangkau yaitu sekitar 35.000 - 45.000 dong Vietnam (sekitar Rp22.500 - Rp29.000), sementara untuk minuman, termasuk buah kelapa utuh, sekitar 40.000 dong Vietnam (Rp25.000).
Suasana pengunjung yang sedang makan di Banh Mi Phoung, Vietnam (ANTARA/Fitra Ashari)

Suasana toko Banh Mi Phoung sangat khas dengan hiasan ala Vietnam, yaitu terdapat banyak lampion warna-warni. Di meja makan pun terdapat pemandangan unik, yaitu foto-foto yang ditinggalkan para pengunjung di bawah kaca meja sebagai tanda mereka pernah singgah di sana.

Untuk bisa menikmati roti ini, pengunjung harus rela sabar dan antri karena toko yang tidak terlalu besar dan tempat duduk yang terlalu banyak. Namun, penantian itu sepadan dengan kenikmatan dan ukuran roti yang cukup mengenyangkan.

Baca juga: Berburu aneka kuliner unik khas Vietnam

Baca juga: Sensasi melahap mie pho Vietnam kala SEA Games

Baca juga: Begini cara terbaik makan pho ala chef Vietnam

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023