Semangat ini seiring dengan semangat Kemenparekraf untuk membangkitkan ekonomi dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (Ipnu) untuk berpartisipasi dalam membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di sektor parekraf.
 
Menparekraf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan melihat ada semangat dari pemuda pelajar yang tergabung dalam Ipnu untuk belajar dan berjuang dengan penuh rasa ketakwaan.
 
"Semangat ini seiring dengan semangat Kemenparekraf untuk membangkitkan ekonomi dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024. Sehingga, Ipnu harus berpartisipasi untuk mewujudkan target ini," ujarnya.
 
Sandiaga menambahkan, Ipnu memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan kewirausahaan, sehingga, para anggota Ipnu perlu membentuk pola pikir kewirausahaan agar ekonomi bisa bangkit dan lapangan kerja terbuka lebih luas.
 
"Ipnu akan memainkan peran yang strategis dalam hal pengembangan kewirausahaan. Jadi ketika keluar dari sini kita akan berpikir kreatif, bagaimana bangsa ini membangun dengan kreativitas dan inovasi," katanya.
 
Sebelumnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2024 menargetkan kontribusi produk domestik bruto (PDB) pariwisata mencapai 4,5 persen.
 
“Target kinerja Kemenparekraf Tahun 2024 adalah kontribusi PDB pariwisata sebesar 4,5 persen,” ujar Angela.
 
Sementara nilai devisa pariwisata ditargetkan sebesar 7,38 sampai13,08 miliar dolar AS, dan jumlah tenaga kerja pariwisata sebesar 22,08 juta orang.
 
Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia diharapkan mencapai 9,5 hingga 14,3 juta kunjungan serta 1,25 sampai 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) turut tercapai.
 
Kemudian nilai tambah ekraf ditargetkan sebesar Rp1.347 triliun dan nilai ekspor produk ekraf mencapai 27,53 miliar dolar AS.
 
Target lain yakni jumlah tenaga kerja ekraf tercapai sebesar 22,74 juta orang.

Baca juga: Menparekraf ingatkan pelaku ekraf tidak menyerah pada kegagalan
Baca juga: Jurnalis senior ANTARA-IPNU Jatim bedah buku Kesalehan Digital

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023