Seoul (ANTARA) - Seekor singa ditembak mati di Korea Selatan pada Senin setelah kabur dari pertanian yang dikelola swasta dan memicu operasi pencarian lebih dari 100 personel polisi dan evakuasi lusinan warga dari bumi perkemahan sekitar.

Singa betina tersebut bernama Sasoonee, dilaporkan berkeliaran sekitar pukul 7.30 pagi waktu setempat di daerah tenggara Goryeong. Singa itu dipercaya kabur melalui pintu belakang pertanian yang dibiarkan terbuka, kata kantor berita Yonhap mengutip pemilik pertanian.

Hewan itu ditembak mati setelah ditemukan pihak berwenang di semak belukar dekat pertanian sekitar sejam kemudian, pejabat pemadam kebakaran memberi tahu Reuters.

Pejabat itu mengatakan tidak memiliki informasi apakah singa betina itu adalah sebuah ancaman, ataukah pihak berwenang telah mencoba menggunakan panah obat penenang untuk menangkapnya hidup-hidup.

Yonhap melaporkan bahwa pertanian itu menawarkan tur kepada masyarakat untuk melihat hewan-hewan miliknya.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan keamanan, meminta masyarakat untuk menelpon layanan darurat jika melihat singa itu, dan lusinan orang yang sedang berkemah di gunung sekitar berlindung sementara di kota sementara polisi melakukan pencarian, demikian dilaporkan Yonhap.

Singa itu merupakan hewan terakhir yang kabur dari kandang di Korsel di beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, seekor zebra kabur dari kebun binatang di ibu kota dan berhasil ditangkap pada Maret, dan satu dari dua simpanse yang kabur dari kebun binatang di kota tenggara Daegu mati setelah ditembak dengan panah obat penenang minggu lalu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Polisi Berlin buru hewan buas berkeliaran yang diduga singa betina
Baca juga: Perempuan tewas diserang singa di Afrika Selatan
Baca juga: Singa jantan bunuh singa betina di kebun binatang


 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023