Maiduguri, Nigeria (ANTARA) - Delegasi sejumlah pemimpin agama dari Nigeria yang dipimpin ketua gerakan Islam bertemu dengan junta militer pada akhir pekan di Niger dalam upaya menjalin dialog.

Syekh Abdullah Bala Lau, seorang cendekiawan Muslim terkemuka yang juga pemimpin Gerakan Salafi Izala di Nigeria, bertemu dengan pemimpin kudeta Jenderal Abdourahamane Tchiani dan Perdana Menteri yang ditunjuk junta Ali Lamine Zeine di ibukota Niamey pada Sabtu.

Kunjungan terbaru terjadi ketika Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) mengancam melakukan intervensi militer jika pemimpin kudeta tidak mengembalikan posisi Presiden Mohamed Bazoum, yang digulingkan oleh anggota Pengawal Presiden pada 26 Juli.

Zeine mengatakan setelah bertemu dengan delegasi, Tchiani menunjukkan kesiapan untuk berdialog dengan ECOWAS.

"Kami setuju, dan pemimpin negara kami telah memberikan lampu hijau untuk berdialog," kata Zeine.
Baca juga: Blinken berbicara dengan mantan presiden Niger tentang kudeta

Dia menambahkan bahwa delegasi tersebut "akan pulang dan menginformasikan presiden Nigeria apa yang telah mereka dengar dari kami. Kami berharap dalam beberapa waktu ke depan, ECOWAS akan datang untuk bertemu dengan kami membahas bagaimana agar sanksi terhadap kami dapat dicabut."

Syeikh Lau mengatakan dalam wawancara dengan radio lokal di Nigeria bahwa Presiden Bola Tinubu telah memberikan izin bagi para delegasi untuk berangkat ke Niger.
Baca juga: Inggris dukung upaya diplomatik ECOWAS selesaikan krisis Niger

Dia mengatakan Nigeria tidak sedang berperang dengan Niger dan Tinubu hanya menjalankan resolusi ECOWAS selaku ketua organisasi itu.

Pada 10 Agustus, ECOWA memerintahkan komite kepala pertahanan negara anggotanya untuk "segera mengaktifkan" pasukan siaga untuk melaksanakan gerakan militer terhadap junta Niger dan mengembalikan posisi Presiden Bazoum.

Namun, hal lain yang juga disetujui adalah menggunakan cara diplomatik meyakinkan junta agar mengembalikan negara ke tatanan konstitusional.

Sebelumnya, junta telah menolak bertemu dengan delegasi awal Nigeria yang dipimpin mantan presiden Abdulsalami Abubakar.

Baca juga: ECOWAS perintahkan pengaktifan pasukan siaga di Niger
Baca juga: Junta Niger umumkan pemerintahan baru


Sumber: Anadolu

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023