Teheran (ANTARA News) - Sedikitnya 20 orang tewas dan ratusan orang lagi cedera akibat gempa 6,1 pada Skala Richter di Kota Kaki di Provinsi Bushehr, Iran Selatan, Selasa sore, kata kantor berita IRNA.

Sebanyak 20 tim pertolongan dan beberapa helikopter telah dikerahkan ke wilayah yang diguncang gempa dari berbagai provinsi dan kota besar yang berdekatan, kata Mahmoud Mozaffar, Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, sebagaimana dikutip oleh stasiun TV resmi IRINN.

Kantor berita setengah resmi, ISNA, juga mengutip Mozaffar bahwa Desa Baghan telah hancur total.

Pusat gempa Bumi, dengan kedalaman 12 kilometer, mulanya ditetapkan berada di 28,48 derajat Lintang Utara dan 51,58 derajat Bujur Timur.

Berikutnya, 10 gempa susulan mengguncang Kota Kaki, kata Pusat Seismologi Iran sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam.

Wakil Gubernur Provinsi Bushehr memberitahu TV IRINN bahwa akibat luasnya wilayah yang diguncang gempa, jumlah korban jiwa bisa bertambah.

Gempa itu terasa di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr tapi kegiatan di kompleks tersebut tidak terganggu, sebab instalasi itu berada sekitar 80 kilometer dari pusat gempa, kata media lokal.
(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013