Informasinya sudah dilakukan perbaikan oleh Balai Jalan Nasional.
Mataram (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Rum berharap perbaikan jalan by pass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah rampung sebelum perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, 13-15 Oktober 2023.

"Informasinya sudah dilakukan perbaikan oleh Balai Jalan Nasional. Mudah-mudahan sebelum MotoGP sudah selesai," ujar Rum, di Mataram, Senin.

Ia menjelaskan perbaikan jalan by pass BIL-Mandalika sepenuhnya di bawah kewenangan Balai Jalan Nasional Kementerian PUPR.

"Ini juga menjadi atensi kami, tapi sifatnya membantu karena jalan ini berada di daerah kami. Minimal kami bantu komunikasi dengan Balai Jalan Nasional," kata Muhammad Rum.

Rum mengungkapkan jalan BIL-Mandalika yang mengalami kerusakan parah tersebut berada di Kilometer 11.

"Kalau panjang jalan yang rusak ada sekitar 30 meter. Jadi nggak panjang rusaknya," ujar Rum pula.

Mantan Kepala Pelaksana BPBD NTB itu mengatakan, jalan bypass BIL-Mandalika ini rawan rusak. Pasalnya, kontur tanah di kawasan itu rawat terjadi pergeseran dan patahan tanah.

"Memang di daerah jalan yang mengalami kerusakan ini rawan pergeseran tanah atau patahan, sehingga ke depan perlu survei geodesi istilahnya. Kalau memang ke depan rusak lagi, kami buat jadi jembatan saja. Tetapi seperti apa, secara teknis lebih paham Balai Jalan Nasional," katanya lagi.
Baca juga: Akses jalan menuju Sirkuit Mandalika mulai disekat
Baca juga: Polisi ungkap jaringan pencuri kabel PJU jalan Bypass Mandalika 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023