Kami tetap merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1.000 meter dari Kawah Timbang
Banjarnegara (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, masih berstatus "Siaga".

"Hingga saat ini, masih `siaga` karena aktivitas kegempaannya masih tinggi," kata Kepala PVMBG Surono saat dihubungi Antara dari Banjarnegara, Rabu.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Tim Tanggap Darurat PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, kata dia, pada hari Selasa (9/4) pukul 18.00--00.00 WIB, terjadi satu kali gempa vulkanik dalam.

Selain itu, cuaca di sekitar Kawah Timbang terlihat cerah, angin tenang, dan tampak asap putih tipis hingga tebal dihembuskan dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50--100 meter.

Bau belerang tidak tercium pada jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah pada jarak 1.500 meter ke arah selatan dari Kawah Timbang.

"Di luar radius 1.000 meter dari Kawah Timbang, tidak terdeteksi adanya gas vulkanik di udara bebas yang berbahaya bagi kehidupan," katanya.

Namun dalam pengamatan yang dilakukan pada Rabu pukul 00.00--06.00 WIB, terekam adanya dua kali gempa vulkanik dalam.

"Bau belerang tercium tajam pada jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah pada jarak 1.500 meter arah selatan dari Kawah Timbang. Kami tetap merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1.000 meter dari Kawah Timbang," katanya.

Pewarta: Oleh Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013