Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia pada Senin (14/8) yang disiarkan ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Presiden anugerahkan tanda kehormatan ke Iriana Jokowi dan tokoh lain

Presiden Joko Widodo menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana kepada Ibu Negara Iriana Jokowi, dan tanda kehormatan lainnya kepada sejumlah tokoh di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Dalam acara penganugerahan sebagai rangkaian penyelenggaraan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Presiden Jokowi menganugerahkan total sebanyak 18 tanda kehormatan.

Selengkapnya baca di sini

2. Pakar politik Unand nilai Prabowo makin percaya diri hadapi pilpres

Pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Asrinaldi menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto makin percaya diri setelah mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar untuk menghadapi Pilpres 2024.

"Secara psikologis, Prabowo semakin percaya diri bahwa dia semakin layak dinominasikan sebagai bakal calon presiden," kata Asrinaldi di Padang, Sumatera Barat, Senin.

Selengkapnya baca di sini

3. Ganjar pakai baju bergambar jokowi menanggapi Golkar-PAN ke Prabowo

Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memakai baju bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat menanggapi gabungnya Partai Golkar dan PAN ke Prabowo Subianto.

“Dalam proses demokrasi, sebenarnya itu biasa saja dan saya sangat menghormati sikap masing-masing partai. Pasti beliau-beliau juga sudah memberikan keputusan, sudah punya catatan-catatan harus merapat kemana,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini

4. Jokowi: Koalisi Pilpres merupakan urusan partai

Presiden Joko Widodo menegaskan urusan mengenai koalisi dalam pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) bukan merupakan urusannya, melainkan urusan partai-partai politik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan tentang langkah Golkar dan Partai Amanat Nasional yang baru saja bergabung bersama Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Selengkapnya baca di sini

5. PDIP: Ganjar Pranowo punya rekam jejak yang baik

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menyatakan bakal calon presiden Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak yang baik, selama memimpin Provinsi Jawa Tengah.

"Komitmennya yang tinggi terhadap pemerintahan bebas korupsi, dan bebas konflik kepentingan, serta iman politiknya yang tebal dalam menjalankan politik kebangsaan yang menjaga toleransi, keragaman budaya, suku dan agama. Pribadinya yang santun, dan rendah hati," katanya dalam keterangan diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023