Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di media sosial YouTube menarasikan bahwa Presiden Jokowi resmi menunjuk Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sebelumnya, diketahui Ahok menjadi Gubernur DKI kedua di kurun waktu 2012-2017 setelah dilantik pada 19 November 2014. Dia didampingi mantan Walikota Blitar, Djarot Saiful Hidayat sebagai wakil gubernur.

Dalam thumbnail video tersebut menampilkan Jokowi, mengenakan baju batik dan Ahok, mengenakan setelan jas sedang bersalaman.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEMPARR !! KEPUTUSAN BERANI JOKOWI KEMBALIKAN AHOK KE DKI BIKIN ANIS PALOH & GEROMBOLANYA KEPANASAN”

Namun, benarkah Jokowi resmi tunjuk Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta lagi pada awal Agustus?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Jokowi resmi tunjuk Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta lagi pada awal Agustus. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut serupa dengan unggahan foto di laman Kuyou yang berjudul “AHOK BERTEMU PRESIDEN JOKOWI DI ABU DHABI”.

Basuki Tjahaja Purnama selaku Komisaris Utama PT. Pertamina bertemu presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA). Basuki Tjahaja Purnama turut serta dalam rombongan pejabat Indonesia yang menyambut Presiden Jokowi saat mengunjungi Abu Dhabi pada Minggu, 12 Januari 2020.

Selain itu, narator membacakan narasi Seword yang berjudul “Telak! Jokowi Kembalikan “Ahok” ke Balai Kota”. Dalam narasi tersebut, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono disebut penulis merupakan sosok pengganti Ahok. Sehingga, diberi narasi judul, "Ahok kembali ke Balai Kota".

Klaim: Jokowi resmi tunjuk Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta lagi pada awal Agustus

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Ahok ditolak menjadi bakal capres di Pemilu 2024

Cek fakta: Hoaks! Anies Baswedan jadi Menkominfo pada 8 Juni

Baca juga: Ahok minta LKPP terlibat dalam pengadaan di Pertamina

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023