Toboali, Babel, (ANTARA) - Bujang Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Azriel Satrya Bima terpilih mewakili provinsi itu, dalam ajang pemilihan Duta Pariwisata Indonesia yang digelar di Bali pada September 2023.

"Azril terpilih mewakili Babel dalam ajang pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023, setelah terpilih menjadi Bujang Babel dalam grand final pemilihan Bujang Dayang Babel pada Sabtu (12/8)," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Bangka Selatan Firmansyah di Toboali, Selasa.

Bujang dan Dayang adalah gelar untuk duta wisata dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berperan dalam mempromosikan destinasi wisata unggulan daerah baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

"Semoga Bujang Dayang yang terpilih ini dapat membawa sinar gemilang bagi daerahnya dan menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain," ujar Firmansyah.

Menurut Firmansyah grand final pemilihan Bujang Dayang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2023 menjadi momentum kebangkitan pariwisata daerah.

"Kabupaten Bangka Selatan telah menunjukkan bahwa kita memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang pariwisata," kata Firman.

Ia menjelaskan dengan promosi yang tepat terkait potensi pariwisata, alam dan budaya maka kabupaten ini dapat semakin dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Potensi wisata yang ada di daerah ini akan semakin dikenal para wisatawan bila menggunakan promosi yang tepat," katanya.

Ia mengatakan dalam ajang ini, Kabupaten Bangka Selatan mengirim peserta sebanyak empat orang dan berhasil meraih beberapa predikat.

"Selain terpilih sebagai Bujang Provinsi Babel, salah satu peserta juga berhasil mendapatkan tribute Bujang Intelegensia yang disematkan kepada Bujang Mario Satriawan," kata Firman.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023