Jakarta (ANTARA) - Polri menggelar kejuaraan voli Kapolri Cup 2023 sebagai ajang mencari bibit unggul atau atlet voli yang akan menjadi bagian dari tim nasional Indonesia.

Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo secara khusus meninjau langsung pelaksanaan kegiatan kejuaraan bola voli di GOR Bulungan, Jakarta Selatan yang diikuti oleh peserta dari 34 provinsi se-Indonesia.

"Alhamdulillah yang penting kegiatan kita kali ini, untuk menyemarakkan olahraga bola voli. Disamping itu tentunya mencari atlet-atlet baru," kata Sigit dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kejuaraan bola voli Kapolri Cup tahun 2023 terdiri dari tim putra dan putri. Kegiatan ini diselenggarakan sejak tanggal 4 Agustus sampai dengan 2 September 2023.

Saat ini kejuaraan tersebut sudah memasuki pertandingan 16 besar untuk memperebutkan delapan besar.

Pada kejuaraan ini diterapkan sistem zonasi yang membagi peserta ke dalam delapan zona wilayah dan diambil dua tim terbaik juara satu dan juara dua setiap zona untuk memperebutkan posisi 16 besar atau babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 9 Agustus 2023 untuk melaju ke putaran kedua kejuaraan.

Selanjutnya dilakukan pembagian dua wilayah pada putaran kedua untuk dapat melaju ke babak delapan besar yaitu wilayah barat yang diselenggarakan di DKI Jakarta dan wilayah timur diselenggarakan di Gresik, Jawa Timur, yang dilaksanakan pada tanggal 13-18 Agustus 2023.

Kemudian untuk babak 8 besar, "Final Four" dan "Grand Final" akan diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus-2 September 2023 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Jenderal bintang empat itu menambahkan, yang terpenting dari kejuaraan voli Kapolri Cup 2023 adalah menjadi hiburan yang positif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Di sisi lain menjadi hiburan buat masyarakat,” ujar mantan Kabareskrim Polri.

Dalam tinjauannya, Sigit juga menyempatkan untuk ikut bertanding bermain voli bersama dengan elemen masyarakat dan pihak terkait. Kapolri juga berkesempatan melakukan smash bola voli terhadap lawan-lawannya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023