Depok (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Depok Jawa Barat Rienova Serry Donie mengatakan ekonomi kreatif perlu adanya ruang sarana prasarana dan pendampingan berkelanjutan agar bisa semakin berkembang.

"Pemerintah Kota Depok perlu memberikan ruang sebesar-besarnya bagi dunia ekraf yaitu dengan menyiapkan sarana prasarananya, memberikan pendampingan yang berkelanjutan," kata Anggota Komisi B DPRD Depok Rienova Serry Donie di Depok, Selasa.

Rienova Serry Donie mengatakan perkembangan ekraf dibarengi munculnya komunitas di bidang tersebut sehingga ada perkembangan perekonomian di Depok.

"Tentunya ekraf bisa meningkatkan perekonomian di Depok. Juga berdampak mengurangi angka pengangguran di Depok," ungkap Rienova Serry Donie.

Rienova Serry Donie menambahkan ekraf di Kota Depok memiliki 17 bidang didominasi beberapa bidang seperti kuliner, fesyen, game, dan penerbitan.

"Bisa dibayangkan kan kalau berkembang pesat, beberapa banyak kontribusi ekraf pada peningkatan ekonomi di Depok," kata calon Anggota DPRD Dapil Kecamatan Tapos-Cilodong.

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan kondisi perkembangan ekraf di kota tersebut karena penduduknya produktif.

Selain itu Kota Depok memiliki
bonus demografis di mana usia milenial mendominasi.

"Kota Depok merupakan kota penyangga Ibu kota RI, jumlah penduduknya mencapai 2,1 juta jiwa, lebih didominasi oleh jumlah perempuan lebih banyak sedikit dari laki-laki dan hampir 71 persen masih produktif," kata dia.

Sisi lain itu Kota Depok juga sebagai
kota niaga dan jasa ditambah terdapat banyak perguruan tinggi dan pusat pembelanjaan.

"Depok ini kota niaga dan jasa ya. Ada banyak mall, pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, restauran, apartment, dan lain tentunya banyak yang melirik ke arah ekraf.Apa lagi Depok mendapatkan bonus demografis, usia milenial mendominasi di Depok," tuturnya.

Baca juga: Sandiaga ajak pelaku ekraf Depok inovatif ciptakan konten kreatif

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023