Beijing (ANTARA) - Pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag) China dalam sebuah konferensi pers pada Senin (14/8) mengatakan China akan mendorong dan memperkuat dukungan kebijakan untuk investasi asing yang masuk (inbound). 

Kementerian tersebut akan bekerja sama dengan sejumlah departemen terkait untuk mengimplementasikan pedoman-pedoman demi mengoptimalkan lingkungan investasi asing lebih lanjut di negara tersebut, serta mengintensifkan upaya guna menarik investasi asing yang diumumkan oleh Dewan Negara China pada Minggu (13/8), kata Wakil Menteri Perdagangan China Chen Chunjiang.

Kemendag China akan terus memperdalam reformasi dan keterbukaan, mengoptimalkan lingkungan bisnis negara itu secara efektif, serta mengerahkan segala upaya untuk menstabilkan perdagangan dan investasi luar negeri, ujar Chen.

Selain aksi-aksi yang diatur dalam pedoman tersebut, pihak kementerian akan terus mengimplementasikan kebijakan dan langkah-langkah yang telah diluncurkan sejak awal tahun ini, papar kementerian.

Berbagai kebijakan dan langkah tersebut termasuk yang diluncurkan pada April untuk menstabilkan skala dan optimalisasi struktur perdagangan luar negeri, dan yang diluncurkan pada Juni untuk memperdalam reformasi di zona-zona perdagangan bebas tertentu yang memenuhi syarat dan Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan agar selaras dengan aturan ekonomi dan perdagangan internasional berstandar tinggi.

China pada Januari lalu merilis surat edaran yang menyerukan agar departemen terkait dan otoritas regional memberikan dukungan lebih lanjut terhadap investor-investor asing dalam pembangunan pusat penelitian dan pengembangan (litbang) mereka.

Kemendag China akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk memperkuat dukungan kebijakan di masa depan.

Kementerian itu akan bekerja sama dengan departemen terkait guna mempersingkat daftar negatif negara tersebut untuk akses investasi asing, serta terus memperluas akses pasar bagi investasi asing. Sementara itu, pihaknya akan terus melonggarkan pembatasan investasi strategis asing di perusahaan-perusahaan terdaftar di China, urai kementerian tersebut.

Data resmi menunjukkan bahwa 23.536 perusahaan asing baru didirikan di China pada paruh pertama tahun ini, naik 35,7 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Tekad kuat China untuk membuka diri, peluang pasarnya yang luas, sistem industrinya yang lengkap, dan lingkungan bisnisnya yang berkualitas membuat investor asing meningkatkan investasi mereka di negara itu, imbuh Chen. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023