Jayapura (ANTARA) - Mabes Polri kembali mengirim bantuan kemanusiaan ke warga yang terkena bencana cuaca ekstrem di Agandugume dan Lambewi, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Pengiriman bantuan dari Kapolri dilakukan Selasa (15/8) menggunakan dua pesawat milik PT.Reven Global Airtransport yang disewa untuk mengangkut berbagai bantuan dari Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benni Prabowo di Jayapura, mengatakan, dua pesawat yang dikerahkan untuk mengangkut bantuan dari Kapolri itu yakni PK-RVV dan PK-RVC.

Berbagai bantuan itu diturunkan di Sinak dan kemudian diangkut dengan berjalan kaki ke Agandugume dan Lambewi.

Pengiriman bantuan kemanusiaan melibatkan delapan anggota Polri dari Polres Mimika dan Polres Puncak.

Sebelumnya Sabtu (12/8) Mabes Polri juga menyewa pesawat milik Reven untuk mengangkut berbagai bantuan kemanusiaan ke Agandugume, kata Kombes Benni.

Baca juga: Pemerintah berupaya mengoptimalkan pengiriman bantuan pangan ke Puncak

Bupati Puncak Willem Wandik sebelumnya mengakui, warga yang terkena bencana cuaca ekstrem itu membutuhkan air bersih untuk dikonsumsi.

Memang selain membutuhkan bantuan bahan makanan akibat tanaman umbi-umbian mati terkena embun es, warga juga butuh air bersih.

Untuk membantu masyarakat, Pemda Puncak sudah menyewa pesawat untuk mengangkut berbagai bantuan ke Agandugume dan Sinak, kata Bupati Wandik.

Baca juga: Bantuan dari pemimpin Polri dan Polda Papua dikirim ke Puncak
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023