Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyampaikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan bagi siswa SMA di Bekasi, Jawa Barat, sebagai upaya menanamkan cinta Tanah Air di kalangan generasi muda.

Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Metro Jaya Kombes Pol Langgeng Purnomo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi program "Quick Wins Presisi Kapolri" yang diikuti oleh 324 siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bekasi.

"Kami ingin agar generasi muda memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air," kata Langgeng Purnomo.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut meliputi sejarah bangsa Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa pukul 07.00-16.00 WIB.

Langgeng mengatakan kegiatan tersebut atas kerja sama dengan Komunitas Pencinta Tanah Air Indonesia. "Dalam pelatihan itu, pemberian materi keterampilan 'soft' kepada siswa SMA Negeri 9 Kota Bekasi dikemas dalam bentuk kegiatan diskusi dua arah," kata Langgeng.

Baca juga: Polda Metro tegaskan ganjil-genap berlaku saat upacara HUT RI
Baca juga: Pangdam dan Kapolda Metro Jaya bersihkan aliran Ciliwung jelang HUT RI


Langgeng menjelaskan, kegiatan tersebut ditujukan untuk mengubah pola pikir melalui penguatan nilai-nilai karakter bangsa yang dijiwai jati diri bangsa.

"Selain itu menguatkan karakter bangsa melalui etika dan menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda," kata Langgeng.

Diharapkan dari kegiatan tersebut, murid memiliki kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menyongsong "Indonesia Generasi Emas 2045".

Langgeng juga berharap kegiatan tersebut dapat menjadi bekal bagi siswa SMA Negeri 9 Bekasi untuk menjadi generasi muda yang berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMA Negeri 9 Bekasi, Agus Salim berharap pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat bagi siswa SMA Negeri 9 Bekasi.

"Pelatihan wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu upaya Polda Metro Jaya untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter dan cinta Tanah Air," kata Agus.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023