Mari bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi anak-anak Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang produktif dan berdaya saing untuk kemajuan Indonesia yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi anak-anak Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang produktif dan berdaya saing.

"Mari bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi anak-anak Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang produktif dan berdaya saing untuk kemajuan Indonesia yang lebih baik," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, masalah kesehatan anak di Indonesia adalah masalah bersama dan mencakup berbagai aspek yang hanya bisa diatasi secara kolektif.

Anak-anak, lanjutnya, termasuk kelompok rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan seperti stunting dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Terlebih, kata dia, polusi udara di wilayah Jabodetabek saat ini sangat tinggi dimana anak-anak adalah kelompok yang paling rentan untuk terdampak.

Baca juga: Menkes gagas Gerakan Anak Sehat atasi stunting
Baca juga: Mencegah stunting demi mewujudkan anak sehat dan cerdas


Ada berbagai program pemerintah untuk menurunkan angka stunting, seperti Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Menteri Bintang Puspayoga menambahkan menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga menjadi faktor kunci dalam pencegahan stunting.

"Dimana kurangnya akses pelayanan yang baik dan kondisi air, sanitasi yang kurang baik, serta bangunan yang kurang memadai, bisa berdampak serius bagi pertumbuhan dan kesehatan anak," katanya.

Tidak hanya dapat menyebabkan stunting, kata dia, lingkungan yang buruk juga memperbesar risiko penyebaran DBD yang membahayakan kesehatan anak-anak.

Oleh karena itu upaya penanggulangan stunting dan penciptaan lingkungan sanitasi yang lebih baik, lanjutnya, merupakan langkah krusial untuk mewujudkan masa depan yang cerah bagi anak-anak Indonesia.

Baca juga: Tiga faktor yang sebabkan anak kena DBD menurut dokter
Baca juga: Dokter: Waspadai tanda bahaya infeksi dengue pada anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023